riau24 Polresta Pekanbaru Sita Sabu Miliaran Rupiah | Berita Riau
Rabu, 15 Agustus 2018

Tersangka Cukong Dan Kaki Tangannya Diciduk

Polresta Pekanbaru Sita Sabu Miliaran Rupiah

0
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto memimpin ekspose pengungkapan jaringan pengedar sabu. Foto: amri
Berita Riau -  Polresta Pekanbaru Sita Sabu Miliaran Rupiah
Riau24.com- Untuk kesekian kalinya, peredaran narkoba jenis sabu dalam skala besar, kembali terungkap di Kota Pekanbaru. Kali ini Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru diback up Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, mengamankan dan menyita sabu seberat 4 kilogram atau setara dengan Rp4 miliar.

Bersamaan dengan itu, juga ikut diciduk R (40) yang diduga cukong dan F (32) yang diduga sebagai kaki tangan alias pengedar. Keduanya ditangkap di dua tempat berbeda, Kamis 8 Februari 2018 sekitar pukul 00.30 WIB.

Dalam ekspose yang digelar Kamis siang tadi, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto didampingi Kasat Resnarkoba Kombes Deddy Herman dan Kanit Opsnal Iptu Noki Loviko, menuturkan, yang pertama sekali diamankan adalah R. Pria itu diamankan saat menginap di Hotel Holie di Jalan Hangtuah Ujung, Tenayan Raya, Pekanbaru.

Saat diperiksa, R mengaku bahwa barang bukti sabu tersebut berada di kediaman F yang tak lain adalah kaki tangannya.

Berdasarkan informasi itu, petugas pun langsung bergerak menuju kediaman F di Jalan Meranti, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

"Dari tangan R, kita amankan 2 butir ekstasi, 1 paket kecil sabu, 1 Unit hape Samsung, 1 dompet dan uang tunai 350 ribu," ungkap Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto.

Sementara tangkapan yang lebih besar ditemukan dari kediaman F. "Dia (F) ini diduga pembantu tersangka R. Dari kediamannya, kami menyita 3 paket sabu seberat 3 kilogram, 9 paket sabu berat 9 ons, 1 pucuk senjata api airgun, 1 dompet, uang tunai Rp2.550.000, 1 hape Samsung dan hape Blackberry," sambung susanto.

Diterangkan Susanto, terungkap aksi kedua tersangka, bermula dari informasi masyarakat, yang menyebutkan adanya peredaran sabu-sabu dalam jumlah besar.

Berbekal informasi itu, pengembangan pun dilakukan. Hasilnya, tersangka R diketahui sedang berada di Hotel Holie di Jalan Hangtuah ujung. Ia diamankan pada Rabu kemarin sekitar pukul 23.30 WIB.

R pun bernyanyi dan mengungkapkan keberadaan F selaku kaki tangannya. Petugas pun bergerak menuju kediaman F.

"Setelah berada dilokasi penangkapan kedua dilakukan penggeledahan di rumah tersangka F. Ketika itu tim menemukan barang bukti yang disimpan dalam tas di kamar tersangka F," beber Susanto.

Dalam kasus ini, kedua dijerat Pasal 114 dan 112 UU RI No35 Tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

"Dengan penangkapan ini, kami turut menyelamatkan 23.500 jiwa. Untuk total nilainya lebih kurang Rp3,9 miliar. Dan kasusnya masih dalam pengembangan," tutupnya. ***

R24/amri

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru