riau24 Polda Riau Sudah Tangani 47 Tersangka Karhutla | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Polda Riau Sudah Tangani 47 Tersangka Karhutla

0
kapolda Riau, Brigjen Bambang Dolli Hermawan
Berita Riau -  Polda Riau Sudah Tangani 47 Tersangka Karhutla
Pekanbaru-Riau24.com-Plt Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rahman, Jumat (18/9/2015) mengikuti Rapat Koodinasi (Rakor) penanganan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau.

Rakor tersebut juga dihadiri Kapolda Riau, Brigjen Pol Bambang Dolli Hermawan, Danlanud, Danrem 031/WB, perwakilan Perusahaan dan seluruh pejabat daerah di Provinsi Riau yg terkait permasalahn pembakaran hutan dan lahan.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Riau dalam menyampaikan laporan kinerja mengatakan, Polda Riau tergabung dalam satgas penanggulangan hukum, yg di dalamnya tergabung juga Kejaksaan Agung (Kejagung) yang lebih mempermudah kinerja kepolisian.


"Kemarin kami telah melakukan penangkapan terhadap direktur dari perusahan yg melakukan pembakaran hutan, kemudian sesuai yg disampaikan Plt Gubri tadi, bahwa di daerah kita sudah terjadi penurunan yang signifikan terkait kebakaran ini, namun dalam hal ini yang penting membangun diri dan sikap masyarakat yang melakukan pembakaran, karena pelaku pembakaran di Riau sebagian besar dari ulah manusia itu sendiri.

Kemudian ungkap Kapolda sudah 15 ribuan selebaran himbauan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, yang disiapkan Polda Riau untuk disebarkan. "Selain itu kapolda menyebutkan sudah ada 47 tersangka yg sudah ditangani, diantaranya 42 yang sudah diperiksa dan yang dinyatakan P21 dan 22 yg siap disidangkan," ungkap Kapolda.

Dikatakan Kapolda, pihaknya berharap bantuan dari segenap masyarakat karena bencana ini masih akan panjang dan jangan lupa ketika telah masuk musim hujan, tetap terus melakukan antisipasi agar di tahun berikutnya tidak terjadi hal seperti ini.


Sementara itu, sebelum mendengarkan laporan Kapolda, Plt. Gubernur Riau, Andi Rachman mengatakan harus ada kerjasama perusahan dengan Kepala Daerah di daerahnya masing-masing, supaya penanggulangan bencana asap, dapat diselesaikan dengan cepat.

"Coba diajak kerja sama aja perusahaan dengan pemerintah daerah, agar bisa memadamkan api," ujar Andi Rachman.

Plt Gubri juga mengatakan, ini tanggung jawab bersama. "Kita selalu berkordinasi dengan BMKG dan LAPAN agar terus bisa memantau cuaca dan pergerakan angin di Riau. Agar tidak ada terjadi kesalahpahaman antara pemerintah daerah dengan masyarakat, terkait penanggulangan asap yg tidak kunjung usai, masyarakat yang ingin melihat langsung dan menginginkan informasi dari kinerja satgas penangulangan bencana asap, bisa langsung datang ke posko karlahut di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," papar Andi Rahman. R24/mrd
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru