riau24 Naudzubillahiminzalik, Pengobatan Alternatif Seperti Ini Ternyata Bikin Kita Masuk Neraka | Berita Riau
Kamis, 18 Oktober 2018

Kajian Islam

Naudzubillahiminzalik, Pengobatan Alternatif Seperti Ini Ternyata Bikin Kita Masuk Neraka

0
ilustrasi
Berita Riau -  Naudzubillahiminzalik, Pengobatan Alternatif Seperti Ini Ternyata Bikin Kita Masuk Neraka
Riau24.com - Siapa pun selalu ingin hidup sehat dan bugar. Namun adakalanya kita mendapat cobaan berupa penyakit yang membuat aktivitas kita sehari-hari menjadi terganggu. Bahkan, ada pula yang harus menderita penyakit ganas dan beresiko pada kematian.

Sebagai manusia kita tentu harus berikhtiar agar penyakit tersebut dapat disembuhkan. Cara yang umum dilakukan adalah dengan mendapatkan perawatan medis dari para dokter yang ahli dalam mengobati penyakit tersebut. Namun karena biaya pengobatan di rumah sakit mahal, tidak sedikit yang menggunakan cara lain, yakni pengobatan alternatif yang biasanya lebih murah biayanya.

Sebagai muslim, kita boleh saja mencoba pengobatan alternatif. Meski begitu kita harus waspada, jangan sampai niat kita berobat alternatif justru membawa kita ke jurang kesyirikan. Alih-alih penyakit yang kita derita hilang, kita justru meninggal dunia dalam keadaan syirik dan kelak dicampakkan ke dalam neraka jahanam.

Nah untuk itu, anda perlu mengetahui ciri-ciri ahli pengobatan alternatif yang mengarah pada kesyirikan tersebut:


1. Meminta Syarat Yang Aneh Sebagai Mahar

Metode pengobatan alternatif yang mengarah pada kesyirikan biasanya meminta kita membeli binatang tertentu seperti ayam, kambing, atau hewan lainnya dengan alasan untuk memindahkan penyakit pasien ke badan hewan tersebut.

Ada juga dukun yang menyembelih hewan tanpa menyebut nama Allah lalu menyuruh pasien memakannya atau ada bagian tubuh hewan tersebut yang dijadikan jimat. Dengan kata lain, persyaratan yang diminta tak ada hubungan logis dengan penyakit yang diderita pasien


2. Melihat penyakit lewat medium tertentu

Pengobatan alternatif yang mengarah pada kesyirikan biasanya melihat penyakit dengan medium tertentu seperti air putih, telur, air kelapa dan sebagainya. Sebagian lagi mengetahui penyakit dengan begitu detil tanpa melakukan pemeriksaan sama sekali, bahkan sampai tahu tekanan darah, kadar gula darah, padahal tidak bertanya atau memeriksa sejengkal pun, tentu perlu dicurigai.

Para dukun sering melakukan hal ini dalam rangka membuat kagum pasiennya. Pasien tentu berharap bisa mendapatkan obat atau terapi yang tepat dari orang yang tahu sekali detil penyakit mereka tanpa menyadari bahwa barangkali ada bantuan jin dari hal tersebut.



3.Menggunakan jimat atau jampi-jampi

Sering kali dukun berkedok pengobatan alternatif memberikan oleh-oleh khusus yang katanya bisa digunakan untuk pengobatan, yakni berupa jimat atau rajah.

Tulisan dengan huruf Arab belum tentu penggalan dari ayat Quran, maka jangan sembarangan menerima jimat berupa tulisan Arab dengan alasan untuk pengobatan, bisa jadi itu adalah rajah... yang merupakan bagian dari perbuatan syirik.

”Barangsiapa menggantungkan jimat (tamimah), maka dia telah berbuat syirik” (HR. Ahmad 4:156. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 492).



4. Melakukan ritual selain ibadah   

Pengobatan alternatif yang mengarah pada kesyirikan ada yang meminta pasien puasa tertentu, pantang yang tidak masuk akal, menyepi di kamar yang tak tertembus matahari mandi air kembang tengah malam dan lain sebagainya.


Jangan sampai pengobatan yang kita lakukan mengandung unsure syirik, tahayul dan mengandung hal-hal berbau sihir yang akan diminta pertanggungan jawab diakherat kelak, atas ulah kita sendiri.

Abu Dawud, An Nasai dan Ibnu Majah meriwayatkan dari hadits ‘Amr Ibnu Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya; katanya: Telah berkata Rasulullah saw: “Barang siapa yang melakukan pengobatan, sedang pengobatannya tidak dikenal sebelum itu, maka dia bertanggung jawab (atas perbuatannya)”. ***
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru