riau24 Filipina Marah, Cina Beri Nama Objek Dasar Laut di Wilayah Sengketa | Berita Riau
Minggu, 18 Februari 2018

Internasional

Filipina Marah, Cina Beri Nama Objek Dasar Laut di Wilayah Sengketa

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Filipina Marah, Cina Beri Nama Objek Dasar Laut di Wilayah Sengketa
Riau24.com- Otoritas Filipina marah besar atas keputusan China memberi nama fitur dasar laut di wilayah sengketa. Filipina juga berencana kirimkan notifikasi ke badan pemetaan perairan internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Seperti yang disampaikan Juru bicara (Jubir) kepresidenan Filipina, Harry Roque, yang dilansir Kamis 15 Februari 2015.

"Kami menolak dan tidak mengakui Cina memberi nama objek bawah laut di Philippine Rise," kata Roque, dilansir CNNIndonesia dari Straits Times. Roque menyebut Filipina sudah menyampaikan protes resmi ke China.

Sebelumnya dikenal dengan nama Benham Rise, Philippine Rise adalah dataran rendah di bawah laut di Provinsi Aurora yang terletak di timur laut Filipina. Pada 2012, PBB mengakui Philippine Rise sebagai bagian dari Filipina.

Senin lalu, Direktur Institut Hubungan Maritim dan Hukum Laut Universitas Filipina, Jay Batongbacal, menyebut bahwa Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) telah menerima lima nama fitur dasar laut di Philippine Rise yang ternyata diusulkan China sejak 2017.

Batongbacal menyebut bahwa lima fitur laut tersebut "ditemukan" oleh bagian hidrografi Tentara Pembebasan Rakyat China dalam sebuah survei pada 2004.

Beijinh kemudian mengajukan nama kelima fitur bawah laut itu kepada Komisi Oseanografi Antar-pemerintah IHO dalam pertemuan di Brasil pada 2015 dan September 2017.

Lima fitur dasar laut itu yaitu Haidongquing Seamount, sekitar 353 kilometer di timur jauh Filipina; Jinghao dan Tianbao Seamounts, terletak di timur Provinsi Cagayan; juga Jujiu Seamount dan Cuiqiao Hill. ***

R24/riki

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru