riau24 Jangan Ngaku "Shopaholic" Kalau Belum Belanja Ke Pasar Wisata Pekanbaru | Berita Riau
Minggu, 24 Juni 2018

PASAR WISATA PEKANBARU

Jangan Ngaku "Shopaholic" Kalau Belum Belanja Ke Pasar Wisata Pekanbaru

0
Pasar Wisata atau Pasar Bawah Banyak Dikunjungi Wisatawan Mancanegara maupun Lokal. Foto :R24/amri
Berita Riau -  Jangan Ngaku
Riau24.com- Jika ingin berlibur ke kota Pekanbaru  jangan sampai bingung hendak jalan-jalan kemana. Walaupun kota ini minim objek wisata, terutama untuk wisata alam seperti pantai atau pegunungan.

Tapi di Pekanbaru juga memiliki wisata  city tour yang tidak kalah menariknya dari kota wisata lainnya, Pekanbaru memiliki wisata kuliner, City Tour, dan dapat melihat bangunan-bangunan menawan khas ornamen melayu. Mulai dari mesjid yang indah, jembatan bahkan gedung-gedung pemerintahannya.

Ada satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bila datang ke Pekanbaru, tak lengkap rasanya kalau datang ke kota ini tapi tidak berkunjung ke sini. Wisata  apakah itu?

Ya, Wisata Belanja...

Belanja yang dimaksud bukan seperti belanja (shopping) pada umumnya, wisata belanja ini tidak sama seperti halnya dengan yang ada di Mall besar.

Wisata Belanja itu adalah Wisata Belanja Di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru,  pasar yang terletak di Jalan Ahmad Yani Ujung ini sangat spesial, tidak seperti pasar-pasar lainnya.

Sebuah bangunan tua khas Melayu yang telah dipugar, Bangunan yang berbentuk Rumah Salaso Kembar tersebut terdiri atas empat lantai dengan berbagai fasilitas, seperti area parkir, toilet, dan eskalator untuk memudahkan pengunjung mengakses berbagai lantai.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Pasar Bawah karena sangat mudah dilihat. Bangunan Rumah Salaso memiliki gaya Melayu dan warna bangunan yang cerah, yaitu warna kuning dan warna hijau.

Pasar Bawah terletak di pinggir sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan. Dulunya, kawasan tersebut memang menjadi tempat transaksi jual beli karena letaknya yang berada di pinggir sungai.

Kawasan di sekitar Pasar Bawah ini banyak ditemukan bangunan-bangunan tua atau ‘kota tua’ yang menjadi awal mula berkembangnya kota bertuah ini. Karena itulah pasar ini menjadi pasar tertua di Pekanbaru.

Pasar yang familiar bagi kalangan  wisatawan yang datang berkunjung ke kota bertuah, karena di Pasar Wisata ini dijual beragam oleh-oleh khas Riau mulai dari Kacang Pukul, Bolu Kemojo, Batik Riau bahkan barang-barang import banyak ditemui disini.

Ada banyak sekali. Selain bahan kain untuk baju melayu, di sana juga ada aneka macam bros jilbab, karpet, guci, keramik, tas dan dompet, baju kaos Pekanbaru, dsb.

Salah satu yang bikin pasar ini jadi terkenal di kalangan wisatawan adalah karena di sana banyak dijual barang-barang dari luar negeri dengan harga yang relatif murah. Seperti aneka guci dan keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, dan tas-tas branded dari Eropa.

Di pasar ini juga tersedia aneka oleh-oleh makanan dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan yang dijual di toko oleh-oleh, seperti dodol durian, lempuk, kacang pukul, dll.

Ada juga aneka cokelat dan snack impor dari Malaysia yang biasanya gak masuk ke supermarket-supermarket lain. Jadi banyak pilihan deh kalo mau belanja di pasar ini. 😉

Harga barang di pasar ini sangat bervariasi, untuk oleh-oleh dan snack Malaysia relatif lebih murah daripada yang dijual di toko oleh-oleh. Harga barang-barang lainnya juga kabarnya lebih murah daripada beli di luar.

Nah, Penasarankan? Ayo segera kunjungi Pasar Wisata saat Weekend ini, jangan sampai slogan ini melekat pada anda "belum sah berkunjung ke Pekanbaru kalau belum mampir ke Pasar Bawah“.

R24/amri

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru