riau24 Kalau Taubat, Apa Tato Semua Badan Harus Disetrika? Ini Jawab Ustadz Abdul Somad | Berita Riau
Minggu, 24 Juni 2018

Kajian Islam

Kalau Taubat, Apa Tato Semua Badan Harus Disetrika? Ini Jawab Ustadz Abdul Somad

0
Ustadz Abdul Somad (UAS)/int
Berita Riau -  Kalau Taubat, Apa Tato Semua Badan Harus Disetrika? Ini Jawab Ustadz Abdul Somad
Riau24.com - Setiap manusia pasti punya kisah di masa lalunya. Ada yang dulunya penuh kemaksiatan, namun kemudian memutuskan berhijrah.

Sering pula ditemui keraguan di tengah-tengah masyarakat. Semisal seorang yang badannya penuh dengan tato, kemudian ingin taubat. Apakah harus menghilangkan seluruh tato dengan cara setrika? Jika tidak, apakah air wudhu tidak terhalang tato masuk ke kulit?

Pertanyaan ini sudah pernah dibahas Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam satu ceramahnya. Video ceramah tentang tato ini sudah di posting akun @ustadzlovers dengan judul "Bertato tobat harus disetrika? Terus solatnya syah gak?"

"Hukumnya orang solat pakai tato tak apa-apa. Yang masalah itu yang tak bertato, tak solat," sebut Dosen hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini.

Meski demikian, UAS mewanti-wanti jangan pula yang tidak bertato malah buat tato. Sebab Allah SWT dalam sebuah hadis disebutkan melaknat orang pembuat tato dan yang meminta dibuatkan tato.

"Bagi yang belum bertato jangan kalian buat tato. Yang sudah sempat buat tato biarkan saja. Ketika yang bertato taubat, kalian hijrah saja. Jangan setrika tatonya. Bayangkan orang jepang Yakuza seluruh badannya bertato. Macam mana mau disetrika? Air tetap wudhu masuk," jelas UAS yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini.

Ceramah Ustaz Abdul Somad tentang tato ini sudah ditonton lebih dari ratusan ribu netizen atau warganet. Disarankan jangan menonton hanya sepenggal saja, agar tidak salah paham dengan kajian yang disampaikan Ustadz Abdul Somad.(***)



R24/riki
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru