riau24 Bolehkah Menggundul Rambut Kepala Bayi Setelah Dilahirkan? Ini Kata Ustaz Khalid | Berita Riau
Jumat, 14 Desember 2018

Kajian Islam

Bolehkah Menggundul Rambut Kepala Bayi Setelah Dilahirkan? Ini Kata Ustaz Khalid

0
Foto: internet
Berita Riau -  Bolehkah Menggundul Rambut Kepala Bayi Setelah Dilahirkan? Ini Kata Ustaz Khalid
Riau24.com- Ustaz Khalid Basalamah dalam kajiannya menerangkan, pensyariatan menggundul rambut kepala bayi dan mengakikahinya hukumnya adalah sunnah mu'akkad.

Dari Samurah bin Jundub bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, "Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, digundul rambutnya dan diberi nama." (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, lbnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12).

Dari 'Ali bin Abu Thalib ia berkata, "Rasulullah shallallahu ’alaihi wa saHam mengakikahi Hasan dengan seekor kambing." Kemudian beliau bersabda. “Wahai Fatimah, gundulah rambutnya lalu sedekahkanlah perak seberat rambutnya." Ali berkata, "Aku kemudian menimbang rambutnya, dan beratnya sekadar uang satu dirham atau sebagiannya." (HR. Tirmidzi no. 1519).

Dari Ummul Mukminin, 'Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata, "Rasululllah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak Iaki-laki akikah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing." (HR. Tirmidzi no. 1513).

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru