riau24 Mulai Hari Ini, Biaya Pengesahan STNK Resmi Dihapus | Berita Riau
Selasa, 19 Juni 2018

PAJAK

Mulai Hari Ini, Biaya Pengesahan STNK Resmi Dihapus

0
Biaya Pengesahan STNK resmi dihapus mulai hari ini. Foto : internet
Berita Riau -  Mulai Hari Ini, Biaya Pengesahan STNK Resmi Dihapus
Riau24.com- Berdasarkan Surat Telegram (STR)  Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) tanggal 13 Maret 2018, Biaya pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), mulai hari ini (14/3/2018) resmi dihapus.

Disampaikan Direktur Lalulintas (Ditlantas) Polda Riau, Kombes Pol Rudy Syarifuddin melalui Kasubdit Regident Ditlantas Polda Riau AKBP M.Mustofa  saat dikonfirmasi Riau24.com,  membenarkan penghapusan biaya pengesahan tersebut.

"Iya, sesuai STR yang dikeluarkan Kapolri per tanggal 13 Maret 2018, Mulai hari ini  sudah tidak ada biaya pengesahan STNK," jelas Mustofa, Rabu 14 Maret 2018 sore.

Dilanjutkannya keputusan ini juga berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Riau. Jadi, saat perpanjang STNK nanti sudah tidak ada biaya pengesahan STNK.

"Untuk biaya pengesahan STNK setiap tahun sebelumnya itu sebesar Rp 25 ribu untuk motor dan Rp 50 ribu untuk mobil, jumlah itulah yang dihapuskan."jelasnya.

Sedangkan untuk proses ganti STNK lima tahun tidak dikenakan biaya pengesahan,  tapi kalau biaya STNK baru Rp 100 ribu untuk roda dua dan Rp 200 ribu untuk roda empat. 

Terkait penghapusan biaya pengesahan STNK, tidak akan mempengaruhi pelayanan pada masyarakat nantinya.

Perlu diketahui, Dengan penghapusan biaya pengesahan STNK ini, jadi tidak ada lagi pendapatan negara dari sektor pengesahan tersebut. Padahal, PNBP itu, 90 persen dikembalikan lagi kegunaannya untuk peningkatan pelayanan publik.

"Untuk sosialiasi kepada masyarakat, sudah disampaikan melalui media-media cetak maupun online dan juga pada pelayanan Samsat ada banner/spanduk tentang hal tersebut"tutupnya. 

R24/amri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru