Rabu, 30 Juli 2014
Pabrik Karet Pekanbaru Diminta Pindah Lokasi
0
Pabrik Karet Pekanbaru Diminta Pindah Lokasi
Pekanbaru,(Riau24)--- Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, meminta pimpinan pabrik karet di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti, untuk pindah ke Kelurahan Muara Fajar karena lokasi perusahaan itu sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini.

"Kami sudah beberapa kali mengirim surat kepada pimpinan pabrik karet tapi tidak ditangapi serius," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, alasan pimpinan pabrik karet itu tidak bersedia pindah karena buruh keberatan bila lokasinya jauh dari rumah mereka.

Pernyataan tersebut terkait dengan sejumlah warga di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir meminta pemerintah setempat untuk merelokasi pabrik karet di Jalan Nelayan.

Firdaus mengatakan bahwa pihaknya sudah tiga kali melayangkan surat kepada pimpinan perusahaan agar pindah dengan kesadaran sendiri.

Keberadaan pabrik tersebut juga sudah tidak sesuai dengan tata ruang kota karena berada di lingkungan padat penduduk.      

Ia berharap, dengan penuh kesadaran, pimpinan memindahkan ke Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, sekitar 20 km arah utara Kota Pekanbaru.

Bahkan, perusahaan yang berdiri sejak 45 tahun lalu itu pada waktu tertentu mengeluarkan bau tidak sedap yang keluar dari cerobong pabrik.

Selain itu, warga yang melintas dekat pabrik tersebut di Jalan Yos Sudarso Rumbai dan Jalan Nelayan mencium bau busuk bila sore hari.

Demikian pula, keberadaan pabrik itu berbatasan langsung dengan Sungai Siak, dianggap melanggar garis sepadan sungai.

Bahkan, hasil pengolahan karet itu juga dibuang ke sungai terbesar di Pekanbaru sehingga airnya sudah tercemar.(R24/Fes/antarariau)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com