riau24 Akan Datang 'Dokter' yang bisa Ditelan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Akan Datang 'Dokter' yang bisa Ditelan

0
Teknologi robot ukuran mikro menciptakan 'dokter' berupa kumpulan robot mini.
Berita Riau -  Akan Datang 'Dokter' yang bisa Ditelan

Zurich-Riau24.com - Bayangkan dalam kepala Anda, ribuan robot mini yang bergerombol. Ukuran mereka sangat kecil, sampai-sampai cukup ditampung dalam satu sendok teh.

Mereka siap disuntikkan melalui area paling lunak pada tubuh manusia –seperti jantung atau otak. Mengirimkan obat-obatan dengan jumlah saksama tepat di bagian tubuh yang perlu disembuhkan. Seperti ahli bedah berukuran mikro yang bekerja dari dalam.

Jika kedengarannya seperti kisah film science fiction, itu benar. Konsep ini merupakan plot dari Fantastic Voyage, film klasik dari tahun 1966.

Dalam film tersebut, empat orang mengendarai kapal selam mini untuk masuk ke dalam pembuluh darah seorang ilmuwan Amerika. Sang ilmuwan jatuh koma karena ulah pihak Rusia dalam Perang Dingin. Empat kru tersebut hanya punya waktu satu jam untuk menghilangkan penyumbatan darah. Sebelum mereka kembali ke bentuk semula. Awak berhasil keluar dari tubuh sang ilmuwan tepat waktu melalui aliran airmata.


Film science fiction Fantastic Foyage memiliki konsep serupa ide Feynman. (foto: sky.com) 

Sedangkan era sekarang ini merupakan era dimana dunia nyata menyesuaikan denganfantasi. Tidak terkecuali bidang nanoteknologi.

Pada ETH Zurich, Swiss Federal Institute of Technology, insinyur mekanik Brad Nelson dan tim-nya telah bekerja mengembangkan nanobots –robot berukuran super mikro, dengan ukuran hanya 0,1 sampai 10 mikrometer. Pengembangan ini sudah berlangsung selama satu dekade, dan siap membuat gebrakan.

“Kami membuat robot ukuran super kecil yang berfungsi dengan dipandu oleh ladang magnetis eksternal, untuk kegunaan tubuh manusia,” ungkap Nelson pada CNN.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru