riau24 Bocoran Dokumen Kemlu, Diplomat Adukan Dubes RI di Argentina | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bocoran Dokumen Kemlu, Diplomat Adukan Dubes RI di Argentina

1
Para diplomat melalui suratnya mengaku tertekan secara fisik dan psikologi atas kepemimpinan dan perlakuan yang buruk dari duta besar RI di Buenos Aires. (Dok. Istimewa)
Berita Riau -  Bocoran Dokumen Kemlu, Diplomat Adukan Dubes RI di Argentina

Jakarta-Riau24.com -- Para diplomat Indonesia di Kedutaan Besar RI Argentina mengaku sudah tidak tahan dengan gaya kepemimpinan yang buruk dan perlakuan sewenang-wenang Duta Besar RI untuk Argentina, Jonny Sinaga, sehingga meminta kinerjanya dievaluasi.

Hal ini disampaikan oleh para diplomat di KBRI Buenos Aires melalui surat resmi kepada inspektur wilayah IV, Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia. Surat ini diperoleh CNN Indonesia dari sumber yang tidak ingin disebut namanya.

Sumber CNN Indonesia mengatakan surat tertanggal 28 Agustus 2015 itu ditembuskan secara informal ke Komisi I DPR RI pada Kamis (17/9). 

Surat berisi  22 butir permasalahan dalam laporan tujuh halaman ini merinci keluhan para diplomat. Intinya, mereka merasa tertekan secara psikologi atas perlakuan yang diterima dari Dubes Jonny. Bahkan, tulis surat itu, tidak sedikit dari staf yang menderita sakit fisik akibat tekanan batin.

"Kondisi untuk bekerja sudah tidak kondusif bagi seluruh staf dan membuat kinerja serta kegiatan operasional tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal. Selain itu, kondisi ini  membuat tingkat kesehatan fisik dan psikologis staf menurun sehingga menjadi keprihatinan bagi kami semua," tulis surat yang ditandangani oleh empat pejabat KBRI tersebut.

Dubes juga dianggap kurang bersosialisasi dengan para staf dan masyarakat Indonesia di Buenos Aires. Selain itu, dia juga dianggap tidak bisa dipegang kata-katanya dalam pelaksanaan tugas. "Hari ini bilang iya, besok bilang tidak," tulis surat pengaduan itu.

Keputusan yang berubah-ubah ini dianggap "menganggu rencana kerja dan koordinasi staf di lapangan." 

Perkataan dengan perbuatannya juga dianggap bertolak belakang. Dubes, tulis surat itu, menganjurkan untuk hidup sederhana, namun dia marah saat dibelikan tiket feri kelas bisnis dan ingin yang eksekutif. Duta besar juga kerap marah-marah kepada para stafnya, padahal menurut mereka perintahnya tidak jelas. Akibatnya, staf menghindari untuk bertemu dengan dubes.

"Semakin sering pula homestaf mengalami sakit perut, sakit kepala dan penyakit lainnya yang sebetulnya adalah sakit stress secara psikologis, karena itu adalah efek dari  perlakuan dubes," tulis surat.

Perlakuannya yang kasar juga membuat para homestaf menderita. Dia kerap mempermalukan para junior di rapat atau di muka umum, suka melemparkan barang, dan berteriak. Surat itu menyebutkan bahwa yang paling menderita adalah sekretaris pribadinya.

"Setiap hari Sekpri dimaki-maki dengan kata kasar seperti *****, goblok dan monyet, sering juga gebrak meja dan kami di kantor bisa mendengarnya. Sangat memprihatinkan seorang dubes memperlakukan sekprinya seperti itu," lanjut surat tersebut.

Perlakuan terhadap para staf wanita juga dianggap memprihatinkan. Para diplomat mengatakan, para staf wanita sering didekati dan ditelepon setiap hari sehingga sangat mengganggu atau difoto diam-diam sehingga memicu kemarahan.

"Ketika yang bersangkutan (staf wanita) diminta datang ke wisma dengan alasan untuk membahas pekerjaan, Dubes hanya mengenakan celana boxer sehingga staf tersebut merasa risih," ujar surat.

Dubes juga tidak rasional dalam meminta stafnya untuk bekerja cepat, kadang meremehkan dengan mengatakan "yang bisa menyelesaikan pekerjaan di perwakilan hanya dirinya dan Tuhan."

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Noala
Selasa, 12 Desember 2017 13:17 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru