riau24 Israel Bombardir Terowongan Gerilyawan Palestina 'terpanjang dan terdalam' di Gaza | Berita Riau
Minggu, 23 September 2018

Internasional

Israel Bombardir Terowongan Gerilyawan Palestina 'terpanjang dan terdalam' di Gaza

0
Israel hancurkan terowongan Gaza
Berita Riau -  Israel Bombardir Terowongan Gerilyawan Palestina 'terpanjang dan terdalam' di Gaza
Riau24.com- Militer Israel mengklaim berhasil menghancurkan terowongan besar yang digali kolompok militan Palestina yang mencapai wilayah Israel dari Jalur Gaza, kata para pejabat.
 
Menurut Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman mengatakan terowongan tersebut adalah yang paling panjang dan paling dalam yang pernah ditemukan oleh Israel.
 
Seorang juru bicara militer mengatakan terowongan digali sejak perang Gaza pada 2014, ketika Israel menghancurkan lebih dari 30 terowongan yang disebutkan dibuat untuk melancarkan serangan terhadap Israel.
 
Juru bicara militer Letkol Jonathan Conricus mengatakan terowongan digali oleh kelompok Hamas dan bermula di Jabaliya, Jalur Gaza bagian utara.
 
Ditambahkan terowongan itu masuk ke dalam wilayah Israel sepanjang beberapa kiometer ke arah Nahal Oz, tetapi tidak mempunyai pintu keluar.
 
Terowongan membentang "beberapa kilometer" ke Gaza dan terhubung dengan terowongan-terowongan lain yang dapat digunakan untuk melancarkan serangan, katanya.
 
Kini terowongan tersebut sudah dilumpuhkan penggunaannya.
 
"Kami mengisi terowongan dengan material sehingga tidak dapat digunakan lagi dalam waktu sangat lama," papar Conricus dilansir dari BBC 16 April 2018.
 
Menurutnya lagi, terowongan itu merupakan terowongan kelima di Gaza yang dihancurkan oleh militer Israel selama beberapa bulan terakhir.
 
Sebagian terowongan dibuat oleh kelompok militan Palestina Jihad Islam dan sebagian lainnya dibangun oleh Hamas, kelompok Islam yang menguasai wilayah Gaza. Israel menerapkan langkah-langkah canggih untuk mencegah penggalian terowongan oleh militan.(***)
 
 
R24/iko


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru