riau24 Antisipasi Gangguan Keamanan, Rutan Bagansiapiapi Gelar Razia di Kamar Tahanan | Berita Riau
Minggu, 23 September 2018

Rokan Hilir

Antisipasi Gangguan Keamanan, Rutan Bagansiapiapi Gelar Razia di Kamar Tahanan

0
Foto: istimewa
Berita Riau -  Antisipasi Gangguan Keamanan, Rutan Bagansiapiapi Gelar Razia di Kamar Tahanan
Riau24.com- Cabang Rumah Tahanan (Cabrut) Bagansiapiapi, Senin pagi, 16 April 2018, menggelar razia di dalam kamar tahanan untuk menyisir barang-barang ilegal yang berhasil masuk ke dalam kamar tahanan.

Dalam razia tersebut, petugas berhasil menemukan berbagai barang-barang yang dilarang penggunaannya di dalam tahanan, seperti alat elektronik, seperti; Handphone, charger, handsfree dan barang-barang logam seperti sendok, gunting, pisau cutter dan barang-barang lain yang mampu mengganggu ketertiban di dalam rutan.

"Kita amankan seluruh barang-barang ilegal yang ditemukan. Dalam operasi tadi, petugas kita berhasil menemukan handphone sebanyak 7 unit, charger 5 unit, handsfree 4 dan barang-barang lain seperti pisau kecil, patahan sendok, maupun silet dan gunting," jelas Kepala Cabrut Bagansiapiapi, Jupri, usai razia dilakukan.

Ia menambahkan, razia juga dilakukan dalam rangka mencegah ganguan keamanan dan ketertiban serta mencegah dan menindak perederan narkotika di dalam Rutan. Apalagi, jumlah penghuni Rutan Bagansiapiapi didominasi oleh kasus narkotika.

"Dari operasi tadi, kita cukup bangga sejauh ini belum ada narkoba yang berhasil masuk Rutan. Kita tidak menemukan barang haram tersebut selama razia. Ini sesuai dengan komitmen kita dan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM untuk memberantas narkoba dari dalam Lapas dan Rutan," paparnya.

Selain itu, Jupri juga memerintahkan kepada para petugas untuk memeriksa dan memastikan keadaan kamar dalam kondisi baik dan terkunci rapat. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya kasus kaburnya 16 tahanan yang ada di Labuhan Bilik, Sumatera Utara beberapa hari lalu.

"Kita tentu tidak ingin kasus kaburnya Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di tempat lain terulang di sini. Terlebih jumlah hunian kita yang melebihi kapasitas. Maka itu, kita pastikan semua kondisi kamar berada dalam keadaan baik," sambungnya.

Razia kali ini merupakan operasi serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 54 yang bertepatan dengan Hari Jadi Pemasyarakatan ke 54.

"Razia ke kamar tahanan rutin kita lakukan secara berkala maupun secara insidentil, namun kali ini bertepatan dengan Hari Pemasyarakatan," tutup Jupri. (rls)

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru