riau24 Perdebatan Jatuhnya Awal Ramadhan 2018, Ini Kata Ustaz Abdul Somad | Berita Riau
Minggu, 27 Mei 2018

Kajian Islami

Perdebatan Jatuhnya Awal Ramadhan 2018, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

0
Ustadz Abdul Somad
Berita Riau -  Perdebatan Jatuhnya Awal Ramadhan 2018, Ini Kata Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Jumat 4 Mei 2018, Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih belum menentukan jatuhnya 1 Ramadhan 1439 H yang menandakan dimulainya awal puasa. Namun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengumumkan awal puasa dimulai 17 Mei 2018.

Hal ini tak jarang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan di kalangan masyarakat awam. Hal ini pernah ditanya jamaah yang divideokan @FodamaraTV, "Mengapa ada perbedaan penentuan 1 ramadhan, seperti yang pernah terjadi antara Ormas Muhammadiyah dan pemerintah. Sehingga jatuhnya 1 Syawal berbeda. Mohon penjasannya pak ustaz?"

Mendapat pertanyaan ini Ustaz Abdul Somad (UAS) menjawabnya. "Berpuasalah saat melihat anak bulan. Berhari rayalah saat melihat anak bulan. Kalau tertutup awan, maka genapkan 30 hari. Mengapa berbeda Muhammadiyah dengan pemerintah? Perbedaannya ada pada metodologi."

UAS sampaikan bahwa Muhammadiyah memakai wujudul hilal untuk menentukan awal puasa dan hari raya, sedangkan pemerintah memakai rukyatul hilal. "Apa perbedaan wujudul hilal dengan rukyatul hilal? Rukyatul hilal harus ditengok 2 derajat (di atas ufuk), sedangkan wujudul hilal 0,5 derajat. Selama tidak ada kesepakatan maka akan terus berbeda," jawab Dosen hadis di UIN Suska Riau ini. 

Lalu solusinya bagaimana? "Maka masing-masing harus menurunkan angkanya. Pemerintah menurunkan  dari 2 derajat (di atas ufuk) sedangkan Muhammadiyah menaikkan. Sehingga win-win solution. Kalau tidak maka perbedaan ini akan terus terjadi. Malaysia kenapa bisa? Malaysia tidak pakai ormas, ada Jabatan Agama Malaysia (yang menentukan). Kalau di Singapura namanya Jais, Jawatan Islam Singapura."

Jadi Ustaz Abdul Somad menentukan jatuhnya 1 ramadhan ikut yang mana? 
"Kalau saya pakai rukyatul hilal. Tidak pakai ormas macam-macam," jawab UAS. 

Ada banyak tanya jawab menarik UAS yang bisa ditonton di youtube atau instagram. Disarankan menonton sampai tuntas, agar tidak terjadi salah paham. 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru