riau24 Pengamat Minta Bawaslu Awasi Cagub Riau yang Main "Politik THR" | Berita Riau
Selasa, 16 Oktober 2018

Politik Riau

Pengamat Minta Bawaslu Awasi Cagub Riau yang Main "Politik THR"

0
Para Cagub Riau saat cabut nomor undi
Berita Riau -  Pengamat Minta Bawaslu Awasi Cagub Riau yang Main
Riau24.com-Senin 14 Mei 2018, waktu pencoblosan calon Gubernur (cagub) Riau semakin dekat. Bahkan para cagub semakin intens berkampanye dan sosialisasikan diri terutama di momen ramadhan. 

Meski demikian pengamat komunikasi politik Riau, Jupendri mewanti-wanti adanya oknum tim sukses atau Cagub Riau yang memanfaatkan momen ramadhan dan idul fitri. Terutama pada permainan money politic atau barang yang dibungkus dengan uang THR.

Dengan maksud agar masyarakat memilih calon tertentu. "Kita tahu selama momen ramadhan dan hari raya itu ada namanya THR (tunjangan hari raya). Hal ini bisa saja dimanfaatkan oknum cagub atau timnya memainkan politik uang yang dibungkus sebagai THR," ujarnya. 

Apalagi sudah jelas ada beberapa kasus yang terkait politik uang sekarang diproses hukum. "Yang jelas sekarang sudah ada beberapa kasus terbukti politik uang. Jadi para calon tidak usah menggunakan atau memainkan politik uang THR. Momentum lebaran jangan digunakan untuk kepentingan politik. Karena ini tidak mendidik," tegas Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI. 

Apalagi politik uang dianggap tidak mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi. "Yakinlah politik uang tidak menjamin meraih Cagub dukungan. Karena perilaku pemilih tidak tetap. Perilaku pemilih itu dinamis. Jangan percaya calon yang pakai politik THR," katanya. 

Selain itu Jupendri meminta agar Bawaslu dan Panwaslu lebih mengawasi para Cagub Riau. "Harus diawasi itu, Bawaslu harus berinisiatif," katanya. 

Seperti yang diketahui ada empat calon maju di Pilgub Riau yaitu Lukman Edy-Hardianto (Gerindra, PKB) dan Andi Rachman-Suyatno (PDIP, Hanura, Golkar, PKPI). Kemudian Syamsuar-Edy Natar (Nasdem, PAN, PKS) dan Firdaus MT-Rusli Efendi (Demokrat, PPP). 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru