riau24 Erdogan Tegaskan Israel adalah Negara Teroris | Berita Riau
Selasa, 25 September 2018

Puluhan Warga Palestina Tewas

Erdogan Tegaskan Israel adalah Negara Teroris

0
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Berita Riau -  Erdogan Tegaskan Israel adalah Negara Teroris
Riau24.com- LONDON-Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menegaskan, Israel adalah negara teroris. Hal itu bisa dilihat dari sikap negara zionis itu terhadap warga Palestina.


Erdogan juga mengecam keras tindakan brutal Israel terhadap warga Palestina yang menggelar aksi demonstrasi di perbatasan Jalur Gaza, Senin 14 Mei 2018 waktu setempat. Seperti dirilis sebelumnya, sedikitnya 58 orang dilaporkan tewas akibat tindakan brutal tentara Israel. Sedangkan ribuan warga Palestina lainnya mengalami luka-luka.

"Israel adalah negara teroris. Kami akan terus berdiri dengan orang-orang Palestina dengan tekad," kata Erdogan di sela-sela kunjungannya di London, Inggris, dikutip laman Anadolu Agency, yang dilansir republika.co.id, Selasa 15 Mei 2018.

Seperti diketahui, aksi demonstrasi warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza adalah untuk menolak pembukaan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Yerusalem.

Dalam aksi itu, warga Palestina juga kembali menuntut pengembalian hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke desanya. Tanah dan lahan mereka dirampas dan diduduki Israel pasca Perang Arab-Israel tahun 1948.

Terkait kondisi di Palestina tersebut, Erdogan menegaskan dukungannya terhadap aksi warga Palestina. "Kami tidak akan membiarkan hari ini menjadi hari Muslim dunia kehilangan Yerusalem. Saya mengutuk tragedi kemanusiaan ini, genosida ini, baik yang dilakukan Israel ataupun AS," tegasnya.

Ia mengatakan Bulan Sabit Merah Turki akan diutus ke Jalur Gaza. Mereka akan diperbantukan di beberapa fasilitas medis dan rumah sakit yang berada di sana.

Erdogan sendiri telah menjalin komunikasi via telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Keduanya saling bertukar pandangan tentang pemindahan dan pembukaan kedubes AS di Yerusalem serta serangan brutal pasukan Israel terhadap warga Palestina.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman berdalih dan mengatakan sebagian besar warga Palestina yang berdemonstrasi di perbatasan Gaza-Israel telah diperalat organisasi perjuangan Palestina, Hamas. ***

R24/wan  

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru