riau24 Ini Dua Syarat Agar Puasa Kita Tidak Sia-sia | Berita Riau
Selasa, 17 Juli 2018

Kajian Islam

Ini Dua Syarat Agar Puasa Kita Tidak Sia-sia

0
Ustaz Khalid Basalamah
Berita Riau -  Ini Dua Syarat Agar Puasa Kita Tidak Sia-sia
Riau24.comAllah Ta’ala berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. AI Baqarah: 183).

Ustaz Khalid Basalamah dalam kajiannya menerangkan, umat Islam telah bersepakat tentang wajibnya puasa Ramadhan dan merupakan salah satu rukun Islam yang dapat diketahui dengan pasti merupakan bagian dari agama. Barang siapa yang mengingkari kewajiban puasa Ramadhan maka dia kafir, keluar dari Islam.

Keutamaannya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shaIIaIIahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa Ialu akan diampuni". (HR. Bukhari No.38 dan Muslim no. 760).

Allah ’Azza wa Jalla berfirman dalam hadits Qudsi, "Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya." (Muttafaqun 'alaihi).

"Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya." (Muttafaqun 'alaihi).

”Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang disebut Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak masuk melalui pintu tersebut seorang pun kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka, 'Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak masuk melalui pintu tersebut seorang pun kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut." (Muttafaqun 'alaihi).

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru