riau24 Waduh, Wanita Lesbian Lebih Berisiko Terkena Diabetes | Berita Riau
Minggu, 27 Mei 2018

TAHUKAH ANDA

Waduh, Wanita Lesbian Lebih Berisiko Terkena Diabetes

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Waduh, Wanita Lesbian Lebih Berisiko Terkena Diabetes
Riau24.comMenurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Heather Corliss dan rekan-rekannya dari San Diego State University, Chicago, Amerika Serikat, wanita dengan preferensi seksual sesama jenis atau lesbian dan biseksual cenderung memiliki risiko Iebih besar terkena diabetes tipe dua.

Penelitian yang dilakukan selama 24 tahun ini memang fokus dilakukan pada wanita dengan dua orientasi seksual tersebut. Menurut Prof. Corliss, orientasi seksual sepertinya memang bisa ikut mempengaruhi risiko seseorang untuk terkena diabetes.

Penelitian ini dimulai sejak 1989 silam dengan melibatkan wanita dengan usia 22-44 tahun. Para wanita ini dicek kondisi kesehatannya setiap dua tahun sekali.

Hasilnya adalah, saat para wanita lesbian dan biseksual memasuki usia 24 tahun, risiko untuk terkena diabetes tipe dua meningkat hingga 27 persen jika dibandingkan dengan wanita dengan orientasi seks heteroseksual.

Saat pemeriksaan dilakukan pada 2013 silam, setidakan 6.399 wanita yang dilibatkan dalam penelitian ini didiagnosis terkena diabetes tipe dua. Namun, risiko untuk terkena penyakit ini bagi mereka dengan orientasi seks lesbian atau biseksual cenderung 22 persen Iebih besar.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Diabetes Care ini, Prof. Corliss menyebutkan bahwa temuan ini mungkin hasilnya tidak begitu meyakinkan mengingat ada kemungkinan mereka dengan orientasi seksual lesbian atau biseksual ini memang sudah memiliki gaya hidup hidup yang buruk atau memiliki risiko Iebih besarterkena diabetes karena mengalami obesitas, merokok, kerap meminum alkohol, atau terkena stres.

Hanya saja, bagi mereka dengan orientasi yang dianggap tidak normal seperti menyukai sesama jenis atau biseksual memang kerap mengalami tekanan psikologis, diskriminasi, atau bahkan perundungan sehingga bisa mengalami stres parah, sesuatu yang bisa memicu datangnya diabetes. Demikian seperti dilansir Instagram @sehatyuks.id, 15 Mei 2018.

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru