riau24 Begini Tips Mengatur Pola Tidur Saat Berpuasa | Berita Riau
Selasa, 17 Juli 2018

Tips

Begini Tips Mengatur Pola Tidur Saat Berpuasa

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Begini Tips Mengatur Pola Tidur Saat Berpuasa
Riau24.comPuasa adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan cara tidak makan dan minum mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya fajar. Dalam ibadah puasa, dikenal sebuah kegiatan makan pada dini hari menjelang subuh yang biasa disebut sahur.

Sahur sendiri dilakukan agar ibadah puasa lancar seharian serta aktivitas tidak terganggu karena rasa Iapar. Karena begitu penting, sahur sangat disarankan bagi setiap orang yang hendak berpuasa. Namun, banyak orang yang enggan melakukan sahur karena merasa ngantuk dan malas untuk bangun.

Pola tidur ketika puasa memang akan sedikit berubah, yang awalnya Anda tidur sampai pagi, kini Anda harus bangun dini hari untuk melakukan sahur. Tapi itu bukan masalah, sebab sahur adalah aktivitas baik dan bermanfaat. Untuk mengatasi terjadinya perubahan pola tidur tersebut, ada baiknya Anda melakukan 3 tips berikut ini, seperti dilansir Instagram @sehatyuks.id, 18 Mei 2018:

1. Percepat Tidur di Malam Hari

Jika Anda memiliki kebiasaan begadang, maka kurangi dan hilangkan kebiasaan tersebut ketika bulan puasa. Percepatlah tidur di malam hari agar waktu tidur Anda Iebih lama sampai sahur tiba. Misalnya Anda terbiasa tidurjam 12 malam, maka percepatlah menjadi jam 10 malam sehingga tubuh pun menjadi Iebih puas istirahatnya.

2. Jaga Kuantitas Tidur

Normalnya setiap orang dianjurkan untuk tidur selama delapan jam. Namun, karena sahur, jumlah tidur akan berkurang beberapa jam. Tapi Anda bisa menggantinya ketika seusai subuh. Ya, setelah subuh Anda bisa tidur kembali hingga pagi tiba. Lalu, jangan lupa pula untuk istirahat di siang hari agar aktivitas puasa Anda Iancar dan aktivitas tida terganggu.

3. Kurangi Kafein

Ketika Anda ingin menjalankan ibadah puasa, maka ada baiknya untuk menghindari kopi atau produk mengandung kafein Iainnya. Sebab, dengan terlalu banyak mengonsumsi kafein, kuantitas tidur Anda pun semakin berkurang. Jika sudah demikian, maka aktivitas puasa akan terbengkalai dan aktivitas pun menjadi tidak lancar.

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru