riau24 Ramadhan Telah Berlalu, Namun Dia Belum Diampuni Oleh Allah Ta'ala | Berita Riau
Senin, 20 Agustus 2018

Kajian Islam

Ramadhan Telah Berlalu, Namun Dia Belum Diampuni Oleh Allah Ta'ala

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Ramadhan Telah Berlalu, Namun Dia Belum Diampuni Oleh Allah Ta'ala
Riau24.comSyaikh Sa‘d bin Sa‘id al-Hajri mengungkapkan, di antara nama Allah Azza wa Jalla adalah al-GhafOr (Yang Maha Pengampun), dan di antara sifat-sifatNya adalah maghflrah (memberi ampunan). Sesungguhnya para hamba sangat membutuhkan ampunan Allah Azza wa Jalla dari dosa-dosa mereka, dan mereka rentan terjerumus dalam kubangan dosa.

Dosa-dosa banyak diampuni di bulan Ramadhan, karena bulan itu merupakan bulan rahmat, ampunan, pembebasan dari neraka, dan bulan untuk melakukan kebaikan. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan kesabaran yang pahalanya adalah surga. Allah Azza wa Jalla berfirman:

"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas." [az-Zumar/ 39:10].

Puasa adalah perisai dan penghalang dari dosa dan kemaksiatan serta pelindung dari neraka. Dalam hadits shahih dijelaskan:

Sesungguhnya Nabi mengucapkan amin sebanyak tiga kali tatkala Jibril berdoa. Para Sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah! Engkau telah mengucapkan amin”. Beliau menjawab: "Jibril telah mendatangiku, kemudian ia berkata: "Celakalah orang yang menjumpai Ramadhan lalu tidak diampuni". Maka aku menjawab: "Amin". Ketika aku menaiki tangga mimbar kedua maka ia berkata: “Celakalah orang yang disebutkan namamu di hadapannya lalu tidak mengucapkan salawat kepadamu". Maka aku menjawab: "Amin". Ketika aku menaiki anak tangga mimbar ketiga, ia berkata: "Celakalah orang yang kedua orang tuanya mencapai usia tua berada di sisinya, Ialu mereka tidak memasukkannya ke dalam surga". Maka aku jawab: ”Amin". [Penulis kitab Nadhratun Na'im (10/5014) berkata : Hadits ini dikeluarkan aI-Hakim dalam AI-Mustadrak (4/154) dan berkata: hadits ini shahih sanadnya, namun imam al-Bukhari dan Muslim tidak mengeluarkannya. Imam adz-Dzahabi menyetujui hal ini. (Dishahihkan al Albani dalam Shahih at-Targhib wat-Tarhib)]. Dilansir Instagram @dakwahindah.id, 13 Juni 2018.

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru