riau24 Larang Remaja Mengemudi Bukanlah Jalan Keluar | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Larang Remaja Mengemudi Bukanlah Jalan Keluar

0
ilustrasi ayah mengajarkan mengemudi kepada anak
Berita Riau -  Larang Remaja Mengemudi Bukanlah Jalan Keluar

Riau24.com- Di tengah masih kuatnya perekonomian walau krisis mulai terasa, anak-anak remaja yang tumbuh di kalangan menengah ke atas punya fasilitas kendaraan bermotor yang berpeluang untuk mereka gunakan. Sementara itu, belakangan ini kasus pengendara belia yang terlibat kecelakaan tidak bisa dikatakan berjumlah sedikit.

Menurut data Bank Dunia, mayoritas korban kecelakaan lalin adalah mereka yang berusia 15 tahun hingga 35 tahun. Anak kecil ugal-ugalan mengendarai motor pun kini sedang jadi momok.

"Melarang remaja mengemudi bukanlah jalan keluar untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalin. Orang tua memegang peranan sangat penting dalam mengedukasi remaja agar mengemudi secara benar," demikian kata Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia, dalam keterangannya.

Edukasi kepada remaja dinilai lebih baik, seperti memakai helm, berkendara dengan batas kecepatan dan tidak mengumbar akselerasi tiba-tiba.

"Memberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan sabuk pengaman dan tidak mengemudi sambil menulis pesan pada telepon seluler," tambahnya.

Lebih jauh, ia juga meminta orang tua sang anak untuk introspeksi. Pasalnya, bukan tidak mungkin sikap lalai sang anak dalam berkendara juga merupakan hasil meniru dari orang tuanya.

"Orang tua harus introspeksi diri sendiri apakah kebiasaan berkendara para orang tua sudah aman. Apakah ayah memakai sabuk pengaman? Apakah ibu menelepon sambil mengemudi? Hal-hal kecil ini sering kali luput dari pengamatan kita bahwa anak-anak sedari kecil mengamati dan mengikuti perilaku orang tua dan tertanam dalam pikiran bawah sadar mereka hingga berefek ketika mereka remaja dan sudah dewasa.

R24/awa/otosia 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam