riau24 Wabup Siak Alfedri: Pariwisata Buka Peluang Baru Tenaga Kerja | Berita Riau
Selasa, 11 Desember 2018

Buka Pelatihan Pemandu Wisata

Wabup Siak Alfedri: Pariwisata Buka Peluang Baru Tenaga Kerja

0
Wakil Bupati Siak Alfedri berfoto bersama peserta pelatihan pemandu wisata Siak. Foto: lin
Berita Riau -  Wabup Siak Alfedri: Pariwisata Buka Peluang Baru Tenaga Kerja
Riau24.com- SIAK-Wakil Bupati Siak H Alfedri mengatakan, Kabupaten Siak memiliki potensi wisata yang begitu besar dan siap dikembangkan. Karena itu, bila dikelola dengan baik, sektor pariwisata di Negeri Istana bisa menimbulkan berbagai efek positif. Salah satunya adalah membuka peluang baru bagi tenaga kerja yang berasal dari masyarakat Siak.


Hal itu dilontarkannya saat membuka secara resmi membuka Pelatihan dan Sertifikasi Pemanduan Wisata, di Hotel Grand Royal, Rabu 11 Juli 2018.

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja di bidang pariwisata serta meningkatkan jejaring industri kepariwisataan. Dengan demikian, ditargetkan kunjungan wisata ke Kabupaten Siak‎ bisa terus meningkat.

Awalnya, peserta yang terdaftar tercatat sebanyak 102 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 90 orang dinyatakan lulus administrasi. Setelah mengikuti tes, akhirnya yang berhak mengikuti pelatihan diputuskan sebanyak 30 orang. Para peserta berasal dari 10 kecamatan di kabupaten Siak.

Kegiatan yang berlangsung hingga 16 Juli 2018 mendatang ini, menghadirkan instruktur berasal dari Rumah Guide Yogyakarta sebanyak 5 orang.

Dalam sambutannya, Alfedri mengatakan, pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata ini merupakan peluang baru untuk para pencari kerja di Kabupaten Siak. Namun ia juga mengingatkan para pemandu wisata untuk terus meningkatkan kemampuan. Salah satunya, memperdalam kemampuan berbahasa Inggris. Sehingga para wisatawan yang berasal dari mancanegara dapat memahami dengan mudah objek wisata yang berada di Siak.

"Kegiatan ini membuka suatu ruang pekerjaan baru guna mendorong ekonomi rakyat. Untuk itu perlu tenaga profesional. Harapan saya nantinya guide wisata bisa berbahasa Inggris. Bila ada yang masih kurang, haruslah diperbaiki, itu dikarenakan kita sudah masuk destinasi wisata halal, sehingga bisa memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan turis dari mancanegara," ingatnya.

Alfedri juga mengharapkan kepada peserta yang mengikuti agar serius sehingga apa yang akan disampaikan narasumber bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dalam menjadi guide wisata di Kabupaten Siak. ***

R24/lin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru