riau24 Suami Tak Pulang-pulang, Istri Boleh Kawin Lagi? Ini Kata Ustaz Abdul Somad | Berita Riau
Selasa, 25 September 2018

Kajian Islami

Suami Tak Pulang-pulang, Istri Boleh Kawin Lagi? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

0
Ustaz Abdul Somad (foto/ilustrasi)
Berita Riau -  Suami Tak Pulang-pulang, Istri Boleh Kawin Lagi? Ini Kata Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Sabtu 14 Juli 2018, Ustaz Abdul Somad (UAS) memang sering mendapat pertanyaan menarik dari para jamaah. Mulai dari soal ibadah hingga urusan rumahtangga, tak jarang juga ditanyakan. 

Seperti pertanyaan dalam video instagram @cinta_dakwah3. "Kalau suami merantau lama bertahun-tahun, tak pulang-pulang.  Bolehkah istri menerima lamaran orang?" tanya jamaah tersebut lewat secarik kertas. 

Lalu Ustaz Abdul Somad (UAS) jawab bahwa perkara tersebut ada ketentuannya. "Laki-laki itukan sudah diikat, shighat taklik (perjanjian sesudah ijab kabul). Suami berjanji bila meninggalkan istri dua tahun berturut-turut, tak menafkahi tiga bulan, tidak memperdulikan istri selama enam bulan. Istri boleh menggugat kepada Pengadilan Agama, membayar uang sepuluh ribu rupiah maka jatuh talak satu. Inilah solusinya," jelas dosen hadis di UIN Suska Riau ini. 

"Ini banyak yang tak ingat. Padahal shighat taklik ini untuk mengikat suami agar tidak macam-macam. Kalau tidak ada shighat taklik, suami pergi merantau ke Malaysia 10 tahun misalnya. Ini istri tidak bisa menikah lagi sampai mati," tambah UAS kemudian. 

Untuk itu UAS mengingatkan kepada para muslimah agar jangan menerima jika diajak nikah siri. "Makanya jangan mau nikah siri. Perempuan tidak bisa menuntut ke pengadilan. Maka nikahlah yang dicatat KUA," pesan UAS. 

Tanya jawab menarik bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) lainnya bisa disaksikan lewat youtube atau instagram. Hanya saja sebaiknya menonton sampai tuntas supaya tidak terjadi salah paham.
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru