riau24 Pemkab Pelalawan akan Berlakukan Perda Magrib Mengaji | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pemkab Pelalawan akan Berlakukan Perda Magrib Mengaji

0
Bupati Pelalawan, HM. Harris
Berita Riau -  Pemkab Pelalawan akan Berlakukan Perda Magrib Mengaji
Pelalawan-Riau24.com-Bupati Pelalawan HM Harris mengaku bahwa kabupaten Pelalawan sebentar lagi akan memiliki Peraturan daerah (Perda) magrib mengaji. Setelah disahkan pihak DPRD Pelalawan, Pemkab Pelalawan akan memberlakukan Perda magrib mengaji pada para pelajar se-Pelalawan.

Informasi itu diungkapkan Bupati Pelalawan HM Harris saat menyampaikan sambutan pada pembukaan MTQ ke IV kecamatan Kuala Kampar 2015 yang digelar di desa Serapung kecamatan Kuala Kampar, Kamis (17/9) malam lalu.

Menurut Bupati, sekarang para pelajar di Pelalawan tidak boleh berkeliaran lagi, saat magrib harus mengaji di mesjid dan di mushallah. ”Karena sekarang dan kedepannya kalau murid SD masuk sekolah SMP/MTS bagi yang Muslim di Pelalawan harus lulus tes mengaji baru diterima di sekolah tersebut. Kalau tidak pandai mengaji maka tidak bisa diterima di sekolah SMP/MTs nantinya,” tegas Bupati.

Yang menjadi tujuan dibuat dan diberlakukannya Perda magrib mengaji itu, terang Bupati, supaya menanamkan akhlak dan moralitas yang religius bagi generasi di kabupaten Pelalawan sehingga bisa menjadi benteng diri terhadap budaya asing yang masuk dan bisa berpengaruh di tengah masyarakat.

“Untuk itu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat serta elemen masyarakat lainnya di setiap desa di kabupaten Pelalawan harus turut serta berperan aktif dalam ikut membentengi pengaruh budaya asing yang akan merusak akhlak dan moralitas generasi dan masyarakat kita,” pinta HM Haris yang juga Penasehat Apkasi Indonesia.

Setiap tahun, sebut HM Harris, Pemkab Pelalawan telah menganggarkan dana di APBD Pelalawan untuk program magrib mengaji tersebut sebesar Rp 2,8 Miliyar. Hal ini dilakukan Pemkab Pelalawan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Pelalawan membina moralitas dan akhlak masyarakat di Pelalawan. ”Dengan demikian program magrib mengaji di setiap desa/keluarahan di Pelalawana betul-betul akan diterapkan setelah Perda magrib mengaji tersebut disahkan DPRD Pelalawan,” ujarnya.

Terkait Pengesahan sejumlah ranperda, beberapa hari kemarin pernah diungkapkan Kasubag Perundang-undangan Bagian Hukum Pemkab Pelalawan Leo Agusta SH kepada Riau24.com saat ditemui di kantor Bupati Pelalawan menyebutkan dalam waktu dekat ini akan ada 11 Ranperda Pelalawan yang akan disahkan oleh DPRD karena telah selesai dibahas oleh dewan.

“Sebelum disahkan 11 Ranperda itu, kami terlebih dahulu bersama anggota Dewan akan melakukan rapat kerja untuk membahas pengesahan sejumlah ranperda tersebut. Selesai rapat dengan dewan itu, baru 11 ranperda tersebut akan diketok palu pengesahannya oleh pimpinan DPRD Pelalawan nantinya,” terang Leo Agusta. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru