riau24 'JB' Si Penghina Ustad Abdul Somad Terancam Diusir dari Riau | Berita Riau
Rabu, 26 September 2018

KRIMINAL

'JB' Si Penghina Ustad Abdul Somad Terancam Diusir dari Riau

0
Datuk Al Alzhar saat konfrensi pers di LAM Riau
Berita Riau -  'JB' Si Penghina Ustad Abdul Somad Terancam Diusir dari Riau
Riau24.com- Kasus penghinaan yang dilakukan JB melalui akun Facebooknya kepada Ustad Abdul Somad masih terus berlanjut, selain di proses secara hukum positif juga akan dilakukan hukum adat oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

Keputusan hukum adat tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Datuk Seri Al Azhar, hukum adat akan diberlakukan oleh LMAR dengan telah dilakukannya sidang Majelis Kerapatan Adat (MKA), Rabu, 12 September 2018 kemarin.

"Dalam sidang kemarin, telah dibahas dalam MKA bahwa perbuatan JB jelas salah dan sangat fatal. Karena menghina  Datuk Seri Ulama Setia Negara Ustad Abdul Somad." Sebut Datuk Al Azhar saat konfrensi pers di LAM Riau, Kamis, 12 September 2018.

Saat ini masing-masing anggota Majelis Kerapatan Adat sedang menimbang mengenai berat dan ringannya kesalahan yang diperbuat oleh JB, karena jelas telah menjatuhkan marwah masyarakat melayu.

"Dalam Hukum adat tertinggi yang berlaku di aturan adat Melayu mana pun  di wilayah Riau itu diusir dari tanah melayu," tegasnya.

Hukum adat diusir ini terbagi lagi, jelas Al Azhar, diusir dalam waktu yang limitatif (Sementara) bahkan bisa selamanya.

Datuk Al Azhar juga menegaskan, jika keputusan hukum adat sudah dijatuhkan, maka JB harus menjalankan keputusan tersebut.

"Kalau sudah diputuskan hukumnya, maka harus dilakukan, jika yang bersangkutan tidak menjalankannya maka akan diberlakukan sumpah adat," ujarnya.

Sumpah adat melayu ini sebagai bentuk hukuman terakhir yang harus dijalankan oleh seseorang yang ingkar atas hukum adat yang telah diberikan oleh LAM Riau.

Seperti diketahui sebelumnya, Jony Boyok alias JB telah melakukan penghinaan terhadap Ustad Abdul Somad dengan memposting foto UAS dengan memberikan coretan merah pada mata, dan memberikan tulisan-tulisan.

Selain disanksi Hukum Adat, JB juga masih menjalani proses hukum di Kepolisian Daerah (Polda) Riau atas perbuatannya tersebut. 

R24/amri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru