riau24 Ribuan Lulusan Sarjana di Pekanbaru Nganggur, Ini Penyebab Utamanya | Berita Riau
Rabu, 26 September 2018

Kesempatan Kerja Terbatas

Ribuan Lulusan Sarjana di Pekanbaru Nganggur, Ini Penyebab Utamanya

0
Ribuan sarjana banyak nganggur di Pekanbaru
Berita Riau -  Ribuan Lulusan Sarjana di Pekanbaru Nganggur, Ini Penyebab Utamanya
Riau24.com-Minggu 16 September 2018, banyaknya mahasiswa yang lulus sarjana ternyata tidak sebanding dengan kesempatan kerja. Terbukti dari data Dinas Tenaga Kerja di Kota Pekanbaru lulusan sarjana jadi pengangguran. 

Sepanjang tahun 2017 tercatat sebanyak 45.716 orang yang masih menganggur. Angka pengganguran terbuka di Kota Pekanbaru yang dari sarjana S1 ada  4.809 orang. 

Hanya saja pengangguran terbuka didominasi lulusan SMA mencapai 11.329 orang atau 24 persen dari total angka pengangguran terbuka. Disusul lulusan SMK sebanyak 9.643 orang, kemudian SD sebanyak 8.890 orang, SMP 8.739 orang, dan terakhir DI-III sebanyak 2.306 orang. 

Kepala Bidang Penempatan Kerja, Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim, menyebut tingginya angka pengangguran di Pekanbaru ada beberapa faktor. "Salah satu penyebabnya angka pertumbuhan angkatan kerja tidak sebanding dengan pertumbuhan kesempatan kerja. Juga lowongan yang tersedia tidak semua bisa diisi oleh pencari kerja karena tidak punya keterampilan juga keahlian sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja," sebutnya akhir pekan lalu. 

Tidak hanya itu penyabab lain yakni dari pencari kerja yang tidak siap memasuki pasar kerja karena tidak mengetahui potensi diri dan informasi pasar kerja. Juga pecari kerja juga tidak siap bekerja di luar kota Pekanbaru. 

Abdul Rahim sampaikan bahwa Disnaker Pekanbaru sudah mengupayakan agar tingkat pengangguran bisa dikurangi. Salah satunya memfasilitasi Pencaker dengan perusahaan atau pengguna tenaga kerja denga kegiatan Job Fair.

"Cara kita mengurangi pengangguran seperti menggelar job fair. Maupun dengan melakukan perluasan dan pengembangan kesempatan kerja. Ini kita lakukan supaya para pencari kerja untuk berwirausaha," sebut Abdul. Pihaknya juga gelar pelatihan bagi kalangan disabilitas, lansia dan orang tua pekerja anak.

Pada Oktober nanti Disnaker akan menggelar Job Expo secara maraton di empat lokasi. Yaitu Universitas Lancang Kuning (Unilak), Poltekes Riau di Jalan Melur, Universitas Islam Riau (UIR), dan Universitas Riau (UR).
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru