Sabtu, 30 Agustus 2014
Tradisi membuat Kelamai dirokan hulu Nampaknya tak dapat terpisahkan sat jelang lebaran
0
Tradisi membuat Kelamai dirokan hulu Nampaknya tak dapat terpisahkan sat jelang lebaran
Rokan hulu,(Riau 24.com)--- Tradisi sambut lebaran ternyata tidak bisa terpisahkan dari itak kelamai atau yang dikenal dengan dodol, meskipun pembuatan kelamai yang sedikit rumit dan memakan waktu lama serta tenaga yang cukup banyak, namun pakanan ini tidak pernah terlupakan untuk disuguhkan saat lebaran.

" Meskipun pembuatannya yang unik dan menguras tenaga, tapi tradisi mengaduk kelamai istilah yang dilontarkan suki tidak dapat terpisahkan dari idul fitri. karena tidak lebaran katanya kalau tidak membuata kelamai, tuturnya kepada Riau24 Rabu (08/08/13)".

Dengan komposisi bahan, tepung beras , kelapa , dan gula aren, pakanan suguhan lebaran ini siap untuk dibuat, pengadukan yang memakan waktu lama ini biasanya dikerjakan oleh beberapa orang, karena satu wajan atau yang biasa disebut dirokan hulu kuali besar membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam adukan diatas tunggku.

"Ada nilai kepuasan tersendiri saat membuat kelamai ini, karena lebaran dirumah tanpa suguhan kelamai serasa kurang meriah, tambah ayah 5 orang anak tersebut".

Dengan tetesan keringat akibat panasnya api dari tunggku, seakan tak jadi masalah karena kegembiraan dan senda gurau saat mengaduknya, jadikan waktu yang lama terasa sebentar.

Na setelah pengadukan berjam-jam yang dilakukan dari bakda subuh tadi dan pengemasan didalam perodan sebuah anyaman tradisonal yang dibuat untuk mengemas kelamai ini sudah dilakukan , maka akan terobati saat pakanani ni disuguhkan  seusai shalat idul fitri esok hari, tutupnya (Hen)

Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com