Kamis, 24 April 2014
Tradisi membuat Kelamai dirokan hulu Nampaknya tak dapat terpisahkan sat jelang lebaran
0
Tradisi membuat Kelamai dirokan hulu Nampaknya tak dapat terpisahkan sat jelang lebaran
Rokan hulu,(Riau 24.com)--- Tradisi sambut lebaran ternyata tidak bisa terpisahkan dari itak kelamai atau yang dikenal dengan dodol, meskipun pembuatan kelamai yang sedikit rumit dan memakan waktu lama serta tenaga yang cukup banyak, namun pakanan ini tidak pernah terlupakan untuk disuguhkan saat lebaran.

" Meskipun pembuatannya yang unik dan menguras tenaga, tapi tradisi mengaduk kelamai istilah yang dilontarkan suki tidak dapat terpisahkan dari idul fitri. karena tidak lebaran katanya kalau tidak membuata kelamai, tuturnya kepada Riau24 Rabu (08/08/13)".

Dengan komposisi bahan, tepung beras , kelapa , dan gula aren, pakanan suguhan lebaran ini siap untuk dibuat, pengadukan yang memakan waktu lama ini biasanya dikerjakan oleh beberapa orang, karena satu wajan atau yang biasa disebut dirokan hulu kuali besar membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam adukan diatas tunggku.

"Ada nilai kepuasan tersendiri saat membuat kelamai ini, karena lebaran dirumah tanpa suguhan kelamai serasa kurang meriah, tambah ayah 5 orang anak tersebut".

Dengan tetesan keringat akibat panasnya api dari tunggku, seakan tak jadi masalah karena kegembiraan dan senda gurau saat mengaduknya, jadikan waktu yang lama terasa sebentar.

Na setelah pengadukan berjam-jam yang dilakukan dari bakda subuh tadi dan pengemasan didalam perodan sebuah anyaman tradisonal yang dibuat untuk mengemas kelamai ini sudah dilakukan , maka akan terobati saat pakanani ni disuguhkan  seusai shalat idul fitri esok hari, tutupnya (Hen)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com