riau24 Hati-hati, Bakteri Ngupil Bisa Sebabkan Kematian | Berita Riau
Rabu, 17 Oktober 2018

TAHUKAH ANDA

Hati-hati, Bakteri Ngupil Bisa Sebabkan Kematian

0
Foto: internet
Berita Riau -  Hati-hati, Bakteri Ngupil Bisa Sebabkan Kematian
Riau24.comSebagian besar orang menganggap, mengupil adalah hal yang biasa. Namun sebuah penelitian terbaru memperingatkan, bahwa mengupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya pneumonia yang bisa sebabkan kematian.

Dilansir The Sun, penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal, adalah yang pertama menunjukkan bahwa penularan dapat terjadi melalui kontak antara hidung dan tangan.

Para ahli merekomendasikan agar orang tua menjaga mainan dan tangan anak-anak tetap bersih untuk membantu melindungi anak-anak mereka. lni juga untuk menghindari penyebaran bakteri ke orang lain, termasuk kerabat lanjut usia yang mungkin rentan terhadap infeksi.

Peneliti utama Dr Victoria Connor, seorang peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital mengatakan, infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit ini diperkirakan yang menjadi penyebab atas 1,3 juta kematian anak-anak di bawah usia Iima tahun setiap tahun.

"Orang tua dan orang-orang dengan penyebab Iain seperti imunitas yang terganggu. seperti penyakit kronis, juga berisiko tinggi terkena infeksi pneumokokus," kata Victoria, seperti dilansir laman viva.co.id, 12 Oktober 2018.

Para peneliti menyebut pemahaman masyarakat tentang transmisi pneumococcus sangat buruk. Sehingga peneliti ingin melihat bagaimana penyebarannya di masyarakat.

Para peneliti menemukan bahwa bakteri dapat berpindah dari tangan ke hidung baik. Ketika orang tersebut mengambil, mencolek atau hanya menggosok hidung mereka dengan punggung tangan.

Dokter ahli pernapasan dari Eropa, Prof Tobias Welte menambahkan, studi percontohan ini adalah yang pertama untuk mengonfirmasi bahwa bakteri pneumokokus dapat menyebar melalui kontak Iangsung, bukan hanya melalui pernapasan, di mana saat bernapas ada bakteri yang terhirup dan menyebabkan sakit.

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru