riau24 Terima SPDP Oknum Lurah, Kejaksaan Segera Terbitkan P-16 | Berita Riau
Senin, 10 Desember 2018

HUKUM

Terima SPDP Oknum Lurah, Kejaksaan Segera Terbitkan P-16

0
Foto. Ilustrasi
Berita Riau -  Terima SPDP Oknum Lurah, Kejaksaan Segera Terbitkan P-16
Riau24.com- Proses penyidikan perkara dugaan pemerasan oleh oknum Lurah Sidomulyo Barat, bernama Raimon terhadap beberapa warga yang ingin mengurus surat tanah berlangsung cepat.

Saat ini penyidik Polda Riau telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara tersebut ke pihak Kejaksaan.

"Hari ini SPDP-nya sudah masuk dari penyidik Polda," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Muspidauan, Senin, 3 Desember 2018 siang.

Oleh karena itu sambung Muspidauan, jika SPDP sudah masuk maka Pimpinan Kejati Riau akan segera menerbitkan P-16 nya. Sebagai surat perintah penunjukan Jaksa Peneliti untuk mengikuti perkembangan penyidikan perkara tersebut.

Mengenai siapa Jaksa penelitinya, Muspidauan menyebutkan belum mengetahuinya."itu tergantung P-16 yang dikeluarkan Pimpinan, siapanya kita belum tahu," sebut Muspidauan.

Lebih lanjut, Muspidauan menjelaskan bahwa Jaksa Peneliti inilah yang nantinya akan bertugas menelaah berkas perkara yang dilimpahkan penyidik Polda Riau. Kapan berkas itu dikirim, hal itu menjadi kewenangan penyidik. 

"Tapi dimungkinkan tidak akan lama. Soalnya tersangka Raimon sudah dilakukan penahanan. Penyidik tentunya menggesa sebelum masa penahanan habis," pungkas Muspidauan.

Sebelumnya, Raimon yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu ditangkap di Warung Kopi Jakarta, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Rabu (28/11) sekitar pukul 14.30 WIB. 

Pengungkapan itu dilakukan berdasarkan informasi yang disampaikan salah seorang warga selaku pembeli tanah. Dikatakan warga itu, sang Lurah meminta uang sebesar Rp10 juta agar SKGR yang diurus dapat ditandatangani.

Saat itu, polisi menemukan uang sebesar Rp10 juta yang tersimpan di dalam jok sepeda motor dinas pelat merah merek Honda Supra. Atas hal itu, tersangka dan barang bukti dibawa ke Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau Jalan Gajah Mada Pekanbaru untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan diketahui bahwa sebelumnya tersangka meminta uang sebesar Rp25 juta dari seorang warga lainnya selaku penjual tanah, dan diberi uang sebesar Rp23 juta
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru