riau24 Tidak Boleh Tanam Bunga di Kuburan? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad | Berita Riau
Senin, 10 Desember 2018

Kajian Islami

Tidak Boleh Tanam Bunga di Kuburan? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

0
Ustaz Abdul Somad
Berita Riau -  Tidak Boleh Tanam Bunga di Kuburan? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Kamis 6 Desember 2018, Ustaz Abdul Somad (UAS) sering memberikan sesi tanya jawab kepada jamaahnya. Video tanya jawab itu pun kemudian disebar lewat media sosial (Medsos). 

Ada pertanyaan menarik dari seorang jamaah mengenai menanam bunga di atas kubur atau makam. "Apa hukumnya menanam atau meletakkan bunga di atas kubur orangtua kita?" tanya jamaah itu seperti dalam video yang dibagikan akun @Aswaja_santun.

Mendapat pertanyaan itu, Ustaz Abdul Somad menjawab dengan dalil mengenai tanaman di atas kubur atau makam. "Nabi pernah mengambil pelepah kurma, di belah jadi dua. Satu sisi pelepah tadi dicucuk kan ke makam sebelah sini. Yang semasa hidupnya orangnya suka ngomongin orang (mengadu). Satu sisi pelepah lagi di letakkan satu makam orang yang semasa hidupnya tidak bersuci sehabis buang air kecil. Dan ruh yang ada di dalam makam keduanya ternyata sedang di azab," jawab Ustaz Abdul Somad. 

"Ketika ditanya kenapa Rasulullah meletakkan pelepah kurma. Rupanya pelepah kurma tadi ternyata bertasbih kepada Allah SWT. Diharapkan dengan adanya pelepah kurma yang bertasbih meringankan siksaan yang dalam makam tadi. Jadi menurut Imam Nawawi, kalaulah tasbih pelepah kurma sampai, apalagi dengan bacaan Alqur'an orang beriman," jelas Ustaz Abdul Somad kemudian. 

Tanya jawab menarik lainnya bisa disimak di media sosial (Medsos) dengan berbagai tema. Hanya saja disarankan menonton sampai habis supaya tidak salah paham. 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru