riau24 Besok, Mobil Listrik Blits Akan Diperkenalkan Kepada Masyarakat Pekanbaru | Berita Riau
Senin, 10 Desember 2018

Ujicoba Keliling Indonesia

Besok, Mobil Listrik Blits Akan Diperkenalkan Kepada Masyarakat Pekanbaru

0
Mobil listrik/int
Berita Riau -  Besok, Mobil Listrik Blits Akan Diperkenalkan Kepada Masyarakat Pekanbaru
Riau24.com -  Kendaraan yang berbahan bakat energi listrik tengah dilakukan uji coba keliling Indonesia. Ada dua kendaraan yang merupakan hasil prestasi karya anak bangsa Indonesia, tim kendaraan listrik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan Universitas Budi Luhur. kendaraan listrik ini dinamai dengan Blits.

Blits ini ada dua tipe, yakni yang berwarna biru, mirip seperti mobil offroad, sedangkan yang berwarna hitam mirip sepeti kendaraan MPV.

Dua kendaraan ini bertolak dari Surabaya pada pertengahan November 2018 lalu. Dan pada akhir November kemaren, dua unit mobil ini telah menyeberang dari pulau Jawa ke pulau Sumatera.

Uji coba yang dilakukan ini, disebutkan pada waktu lalu yang dikutip dari pemberitaan riau24.com (14/11), Project Leader mobil listrik Blits, Yoga Uta Nugraha, mengatakan bahwa dua unit mobil kendaraan listrik ini diciptakan sesuai dengan permintaan.

Dan ini tengah dilakukan uji coba dalam perjalanan ekspedisi keliling Indonesia dengan perjalanan darat sejauh 15.000 km. Setelah pulau Jawa, akan berangkat ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga kembali ke kampus di Surabaya.

Dalam kesempatan lain, Fendi Nusantoro, selaku assistant manager communication PT PLN (Persero) Unit Induk WRKR juga mengungkapkan bahwa dua kendaraan listrik akan sampai di Kota Pekanbaru.

"Setelah menempuh rute perjalanan darat, akhirnya sampai juga di Pekanbaru. Dan pada esok pagi, Minggu, 9 Desember 2018, unit ini akan diperlihatkan di halaman kantor Gubernur Riau," ucapnya, melalui via telepon pada Sabtu (8/12).

"Besok pagi itu, jam 06.00 wib, akan dimulai dengan senam bersama di halaman kantor Gubri, lalu akan ada sambutan langsung dari Gubri," terang dia.

"Beberapa waktu ada di Pekanbaru, lalu akan melanjutkan lagi ke kota yang lain lagi," ucap dia lagi.

PT PLN (Persero) sebelumnya juga telah mendukung uji coba kendaraan ini, yakni dengan telah mempersiapkan SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) untuk wilayah Pekanbaru dan Provinsi Riau. Totalnya ada sebanyak 88 SPLU yang tersebar di Riau. Dan di Indonesia telah didirikan lebih dari 3.000 SPLU. Dan ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Untuk SPLU, tujuannya saat ini masih untuk masyarakat, PKL dan UKM. Dan ketersediannya berlokasi di pusat-pusat keramaian. Ini atas izin dan petunjuk dari pemrrintah setempat," ungkap dia

"Hingga saat ini sosialisasi untuk SPLU sudah dilakukan dan sudah dimanfaatkan, seperti di Rumbai, di Kota Barat, Kota Timur dan di Simpang Tiga Pekanbaru. Di Rumbai sudah kita pasang di lapangan PCR, Jalan Sam Ratulangi, di Pasar Pagi Arengka dan lainnya. Kita harapkan ini bisa menjadi solusi yang selama ini menjadi keluhan pedagang," pungkasnya.(***)



R24/nof


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru