Jadi Tuan Rumah Porprov Riau, Wabup Kuansing Sebut Butuh Dana Besar

Selasa, 29 Oktober 2019 | 20:57 WIB
Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau tahun 2021 (foto/zar) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau tahun 2021 (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau tahun 2021. Untuk menghadapi Porprov Riau tersebut, diperlukan sarana prasarana olahraga untuk setiap Cabang Olahraga (Cabor) yang akan digelar.

Baca Juga: Peningkatan Tipe Polsek, Tim Polda Riau Turun ke Kuansing


Sementara saat ini Kuansing baru memiliki beberapa buah sarana prasarana olahraga, dan masih dibutuhkan beberapa Cabor lagi. Seperti Cabor Renang, Panjat Tebing, Lintasan Atletik, Pentaque, Panahan, Perbaikan Venue Dayung Kobun Nopi maupun Stadion Sport Centre, Perbaikan serta peralatan lainya.

"Untuk membangun sarana prasarana cabang olahraga itu, memang dibutuhkan anggaran yang cukup besar. Namun harus dikaji terlebih dahulu azas manfaatnya setelah dibangun, misalnya Pembangunan Kolam Renang yang mencapai Rp45 miliar," ungkap Wakil Bupati Kuansing, H. Halim kepada wartawan.

Baca Juga: Inspektorat Kuansing Tegur Bumdes, Terkait Pengelolaan dan Laporan Keuangan


Menurutnya, Untuk kolam renang, bisa mempergunakan yang telah ada dan hanya merenovasi saja lagi, seperti  Kolam Renang di Hotel Kuantan maupun Waterpark, ini tentu tidak akan menghabiskan anggaran sebesar itu.

" Untuk membangun itu perlu kajian, apa dampaknya, dan apa nantinya bisa merawatnya setelah selesai dipergunakan. Sebab kami melihat, Untuk bangunan yang sudah ada saja, yaitu Stadion Sport Centre dan Venue Dayung Kobun Nopi tidak terawat dengan baik," paparnya.

Oleh karena itu, dirinya menilai, seharusnya dikaji terlebih dahulu azas manfaat setelah dibangun. " Siapa yang akan merawatnya, dan bagaimana dengan kondisi lampunya, dan sebagainya," Ujarnya.

Sebab, dirinya lebih cenderung anggaran sebesar itu, lebih baik dipergunakan untuk membangun pabrik, yang nantinya tentu mampu membuka lapangan kerja. " Saat ini masih banyak masyarakat kita yang menjerit, merasa kesulitan ekonominya, mencari lapangan kerja susah," Ujarnya lagi.

Dijelaskannya, kalau kegunaannya usai Porprov untuk apa, sebab bangunan yang telah ada saja dibiarkan dan tidak terawat dengan baik. Seperti Stadion Sport Centre, Hall A dan Hall B, kan tidak dipergunakan dan terawat dengan baik," tukasnya. (R24/Zar)

PenulisR24/zar


Loading...

Terpopuler

Loading...