riau24

Di Tol Pekanbaru-Dumai, Enam Perlintasan Gajah Disiapkan

Kamis, 05 Desember 2019 | 11:35 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK) , Muhammad Fauzan mengatakan, pihaknya akan menyediakan enam lintasan gajah di jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang saat ini masih tahap pengerjaan.

"Jumlah pintasannya ada enam lintasan yang kami siapkan. Ada satu lintasan yang lebih lebar di seksi dua dan sisanya di seksi empat," kata M Fauzan Rabu, 4 Desember 2019 kemarin.

Dijelaskan Fauzan, perlintasan gajah tersebut sengaja dibuat agar tidak menganggu habitat ataupun aktivitas gajah yang sering melintas di sekitar area pembangunan tol tersebut.
Baca Juga: Koorpus BEM se Riau Apresiasi Polda Riau dalam Menangani Covid-19 dan Karhutla

Dia menjelaskan, konstruksi pembuatan terowongan migrasi gajah ini memang memakan biaya yang cukup besar. Untuk kontruksinya sendiri, kata Fauzan, hampir mirip seperti di flyover SKA.

"Lebar lorongnya saja kita buat 25 meter dan tingginya sekitar lima meter lebih. Ini perlu diperhitungkan juga. Secara naluri pelintasan gajah untuk transmigrasi mereka harus diakomodir untuk habitatnya," terang Fauzan. 

Selain itu, untuk pengerjaan tol Pekanbaru-Dumai ini dan selama penugasan HK di lima provinsi, Provinsi Riau menjadi wilayah yang memiliki kemampuan sangat luar biasa dalam pengurusan percepatan pengerjaan proyek jalan tol.
Baca Juga: RAPP dan APR Serahkan Bantuan Bahan Pokok Untuk Masyarakat Kampar yang Terdampak Ekonomi Covid-19

"Seperti, kerjasama pemerintah dengan masyarakat dalam percepatan pembebasan lahan serta pengurusan dengan pusat," tuturnya. 

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...