Inilah 9 Rekor Baru Dunia, Diantaranya Dibuat Facebook dan Alibaba

Jumat, 27 Desember 2019 | 06:12 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM -  Selama tahun 2019, berbagai rekor dunia telah  tercipta. Prestasi atau rekor yang tercipta ini ditorehkan oleh persorangan,  perusahaan,  ataupun peristiwa alam. 

Berikut 9 rekor dunia yang terjadi di sepanjang 2019 dari berbagai bidang yang dicatat Kantor berita AFP :

1. Suhu Terpanas

Badan National Oceanic and Atmospheric Administration Amerika Serikat (NOAA) mencatat bahwa 2019 merupakan tahun terpanas yang pernah terekam oleh teknologi. Rekor suhu terpanas terjadi pada Juli di mana temperatur rata-rata global mencapai 16,75 derajat Celsius.

Gelombang panas yang menerjang Eropa pada bulan yang sama membuat suhu naik sampai rekor tertinggi, seperti di Prancis yang mencapai 42,6 derajat Celsius serta Jerman dan Inggris, masing-masing 41,5 dan dan 38,7 derajat Celsius.

Pada Desember ini, Australia juga mengalami rekor suhu tertinggi di mana pada 19 Desember, rata-rata temperatur nasional menunjukkan 41,9 derajat Celsius. Bahkan di salah satu kota di New South Wales suhunya mencapai nyaris 50 derajat Celsius.

2. Bayi Terkecil yang Bertahan

Bobotnya seperti apel, Saybie diumumkan sebagai bayi terkecil di dunia. Dia lahir pada Desember 2018 di rumah sakit San Diego, California, Amerika Serikat, dengan berat hanya 245 gram.

Rumah sakit membolehkan Saybie pulang pada Mei lalu dalam kondisi sehat, menjadikannya sebagai bayi terkecil di dunia yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

3. Penerbangan Terpanjang Nonstop

Maskapai asal Australia Qantas  menyelesaikan penerbangan uji coba komersial nonstop terpanjang di dunia pada Oktober, yakni dalam 19 jam dan 16 menit dari New York ke Sydney.

Hanya 49 orang yang mengikuti penerbangan menggunakan pesawat Boeing 787-9 itu. Jumlah itu sudah disesuaikan untuk meminimalisasi bobot di atas pesawat sehingga bisa memberikan jangkauan bahan bakar yang cukup untuk menempuh jarak lebih dari 16.000 kilometer.

4. Atlet Maraton Tercepat

Eliud Kipchoge dari Kenya menjadi orang pertama yang mampu berlari maraton dalam waktu kurang dari 2 jam pada Oktober.

Dia memantapkan rekor dunia ini dengan catatan waktu 1 jam, 59 menit, dan 40,2 detik, dalam ajang maraton di Wina, Austria.

5. Medali Terbanyak

Atlet senam Amerika Serikat, Simone Biles, meraup lima medali emas dalam Kejuaraan Dunia pada Oktober. Dengan demikian dia memperoleh 25 medali dalam ajang internasional ini, melampaui 23 medali yang diraih pesenam asal Belarus, Vitaly Scherbo, pada 1990-an.

6. Denda Fantastis Rp68 Triliun

Facebook pada Juli ditampar dengan denda terbesar yang pernah dikenakan terhadap perusahaan di dunia, yakni 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp68,6 triliun.

Denda fantastis dijatuhkan terkait pelanggaran privasi pengguna platfor media sosial tersebut.

Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat menyatakan, angka itu merupakan yang terbesar pernah dikeluarkan oleh Pemerintah AS.

7. Belanja Online Terbesar Rp525 Triliun dalam 24 Jam

Konsumen China menghabiskan 38,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp525,6 triliun untuk belanja online di platform Alibaba  hanya dalam 24 jam. Rekor itu tercipta saat belanja tahunan "Singles 'Day" pada November.

Menurut Alibaba,  angka transaksi tersebut naik 26 persen dari rekor yang juga diciptakan pada tahun sebelumnya.

8. Lelang Benda Seni Termahal

Di tengah perselisihan Brexit, lukisan 'Devolved Parliament' milik Banksy terjual sebesar 11,1 juta euro atau sekitar Rp170 miliar dalam lelang pada Oktober, sebuah rekor bagi karya seniman Inggris.

Lukisan itu menggambarkan seorang anggota parlemen sebagai simpanse.

Rekor lelang bagi karya seniman yang masih hidup diciptakan pada Mei ketika 'Kelinci' stainless steel milik Jeff Koons terjual 91,1 juta dolar AS.

9. Tempat Parkir Mobil Termahal

Sepetak tempat parkir di gedung pencakar langit The Centre, Hong Kong, dijual pada Oktober dengan harga 7,6 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp13,4 miliar. Uang itu cukup untuk membeli apartemen satu kamar di kawasan elite Chelsea, London.***

 

PenulisR24/saut


Loading...
Loading...