Heboh Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan DPRD Riau Senilai 10 Miliar, Ini Penjelasan Asri Auzar

Sabtu, 07 Maret 2020 | 11:49 WIB
Asri Auzar Asri Auzar

RIAU24.COM -  Wakil ketua DPRD Riau Asri Auzar angkat bicara soal hebohnya pengadaan mobil dinas (Mobdis) pimpinan DPRD Riau yang menelan anggaran Rp10 miliar dalam APBD 2020. Asri mengatakan bahwa pengadaan mobdis itu tidak ada yang salah dalam aturan karena sudah merujuk pada ketentuan pemerintah dan perundang-undangan. 

Baca Juga: 12 Kiat Dari Pakar Yang Akan Membuat Rutinitas Riasan Alami Anda Semangat

"Dimana setiap pimpinan DPRD Riau mobilnya harus sama dengan dengan gubernur, begitu juga wakil ketua DPRD jika wakil gubernur memakai jeep maka wakil ketua DPRD juga pakai hal yang sama jadi harus setara, demikian aturanya," kata Asri. Sabtu 7 Maret 2020.

Asri juga beralasan pengadaan mobdis ini dikarenakan mobil yang saat ini dipakai merupakan mobil pinjaman dari pemerov Riau. "Mobil yang lama pinjam, dan pengadaan mobil ini juga karena pimpinan DPRD Riau tidak mendapatkan tunjangan transportasi seperti anggota DPRD Riau yang lain, "pungkasnya.

Jadi lanjut Asri pengadaan mobdis itu sudah ada ketentuan pemerintah tentang memakai mobil dinas dan Undang-undang yang mengatur aturan mobil dinas baik itu jenis dan tipenya. 

"Selain pimpinan DPRD, komisi juga mendapatkan mobil yaitu mini bus, yang  digunakan untuk kebutuhan dewan, " jelasnya. 

Terkait teknis pengadaan mobdis ini, Asri mengatakan ada dua mekanisme yaitu lelang dan e-katalog . Jadi tergantung tipe CC mobil tersebut. "Jika mobil tipe CC4000 keatas proses pengadaannya lelang sedangkan dibawah tipe CC4000 mengunakan e-katalog, " tuturnya. 

Sebelumnya Ketua Partai Solidaritar Indonesia (PSI) Riau Rinaldi menyayangkan pengadaan Mobil dinas Pimpinan DPRD Riau berjenis jeeb wrangler yang menelan anggaran yang cukup fantastis yaitu Rp. 10 miliar. Menurutnya pengadaan mobil dinas itu belum diperlukan disaat kondisi ekonomi lagi krisis. 

"Hendaknya di kondisi krisis dunia sekarang ini dewan lebih mengedepankan azas manfaat. Apalagi dunia sekarang ini sedang menghadapi kondisi krisis dan waspada akan virus corona yang membuat kepanikan sehingga berdampak pada krisis ekonomi, "kata Rinaldi. Jumat 6 Maret 2020.

Sekedar informasi Spek kendaraan dinas untuk pimpinan dewan baru tertuang dalam laman sirup.lkpp.go.id dengan pagu anggaran Jeep Wrangler untuk Ketua DPRD Riau bermesin 4.500 cc A/T senilai Rp 2,6 miliar. Sementara masing-masing wakil ketua yakni Jeep Wrangler bermesin 3000 cc A/T total pagu sebesar Rp4,5 miliar.

Baca Juga: Positif Covid-19, Ustaz Tengku Zulkarnain Kini Dirawat di Pekanbaru

Selain pimpinan dalam anggaran itu juga masuk pengadaan mobil dinas jenis sedan yang dianggarkan senilai Rp 2,1 miliar dan Micro Bus senilai Rp 1,1 miliar. Sehingga jika ditotalkan seluruhnya mencapai Rp 10 miliar lebih.

PenulisR24/riko


Loading...
Loading...