Peremajaan Sawit KUD Koto Salak Dharmasraya Berlanjut

Jumat, 13 Maret 2020 | 17:46 WIB
Direktur PT BOS,  Antonio mengawasi secara seksama prose replanting Direktur PT BOS, Antonio mengawasi secara seksama prose replanting

RIAU24.COM -  Peremajaan sawit Koperasi Unit Desa (KUD) Koto Salak di Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat masih terus berlanjut hingga Jumat (13/3/2020).

Tahap I replanting sawit seluas 115 hektare sudah selesai dikerjakan tumbang cincang sawit tua dan sudah selesai pula pekerjaan penanaman bibit sawit unggul bersertifikat.

Baca Juga: Jangan Buang Biji Durian Anda! Jadikan Keripik Renyah Dengan Resep Ini

Hal ini dijelaskan Ketua KUD Koto Salak H Syamsir didampingi rekanan kontraktor replanting Antoni dari PT Buana Orbit Sejahtera (PT BOS) di Kantor KUD Koto Salak Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Sumbar, Jumat (13/3/2020).

Menurut mereka untuk Tahap II ini sedang dibuka lagi 124 hektare. Pekerjaan Tahap II ini telah dilakukan Luku satu dan Luku dua yaitu memutus akar pohon sawit tua dengan traktor bajak zonder, tanah dibajak dan lalu di harrow (digemburkan) dengan piringan traktor zonder.

Sawit tua yang tak produktif lagi di Tahap II ini sudah ditumbang dan dicincang (chipping) menggunakan alat berat. Bekas batang sawit tua dicincang setebal 15 Cm dirumpuk jalur berbaris rapi. Konsep penanaman 2 : 1, artinya satu rumpuk jalur dilakukan penanaman dua bibit sawit berbaris mengikuti lurus dengan rumpuk jalur. Sehingga dengan konsep ini menghemat lahan dan dalam 1 hektare bisa ditanam 130 batang bibit sawit unggul bersertifikat.

Baca Juga: Akhir Pekan, Harga Emas Batang Antam Turun Rp 5.000 Jadi Rp 948.000/gram

Sebelumnya Kamis (12/3/2020) tim rekanan kontraktor replanting sawit program Nasional Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) PT BOS ini ke Jambi menyusul juga adanya program PSR. Melintasi jalan lintas aspal yang cukup mulus dari Kiliranjao-Dharmasraya Sumbar ke Muarobungo-Merangin Jambi.***

 
PenulisR24/saut


Loading...
Loading...