Ditengah Pandemi Virus Corona, Presiden Brasil Memecat Menteri Kesehatan Karena Hal Ini...

Jumat, 17 April 2020 | 10:49 WIB
Ditengah Pandemi Virus Corona, Presiden Brasil Memecat Menteri Kesehatan Karena Hal Ini... Ditengah Pandemi Virus Corona, Presiden Brasil Memecat Menteri Kesehatan Karena Hal Ini...

RIAU24.COM -  Presiden Brasil Jair Bolsonaro memecat Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta pada hari Kamis setelah spekulasi bila pejabat itu akan diberhentikan di tengah ketegangan atas penanganan tanggapan virus korona negara itu.

"Saya baru saja mendengar dari Presiden Jair Bolsonaro pemberitahuan pemecatan saya dari Kementerian Kesehatan", Mandetta tweeted, mengucapkan terima kasih karena memiliki kesempatan untuk menggerakkan proyek untuk meningkatkan kesehatan Brasil selama coronavirus, yang dia disebut "tantangan besar".

Bolsonaro mengatakan dia telah menunjuk ahli kanker Nelson Teich sebagai menteri kesehatan baru negara itu.

Baca Juga: Seorang Remaja Diserang oleh Buaya, Orang-orang Panik dan Berteriak

Bolsonaro dan Mandetta telah berselisih selama berminggu-minggu tentang perlunya isolasi sosial yang meluas di negara itu untuk mengekang penyebaran pandemi coronavirus. Pemimpin sayap kanan berpendapat bahwa langkah-langkah itu tidak perlu dan berbahaya secara ekonomi, bersikeras wabah itu tidak proporsional.

Bolsonaro telah meremehkan ancaman virus corona sebagai "flu kecil," dengan alasan bahwa ekonomi Brasil harus terus berjalan secara normal dan membela penggunaan obat-obatan yang tidak terbukti seperti hydroxychloroquine.

Mandetta mengatakan dalam siaran web langsung dengan para pejabat industri kesehatan pada hari Kamis bahwa ia memperkirakan akan dipecat pada hari Jumat, meskipun ia mencoba untuk meminimalkan kekhawatiran bahwa kepergiannya akan mengganggu upaya untuk memerangi pandemi virus corona.

Mandetta mengatakan dia akan membantu penggantinya selama masa transisi dalam pelayanan.

Baca Juga: Dua Pria India Tamu Pernikahan Ini Viral Lantaran Lanjut Makan Meski Kebakaran Terjadi Tepat di Belakang Mereka: Pasti Makanannya Enak Ya?

"Kami memiliki prospek perubahan di sini di kementerian, itu pasti hari ini atau, paling lambat, besok, tetapi ini akhirnya akan terjadi," kata Mandetta. "Fokus kami adalah pada virus, dan kami akan sangat berhati-hati untuk mendukung siapa pun yang datang ke sini, kami tidak akan membuat gerakan tiba-tiba," tambahnya.

Respons Kementerian Kesehatan terhadap epidemi itu dinilai "baik" atau "hebat" oleh 76 persen warga Brasil yang disurvei oleh jajak pendapat Datafolha bulan ini. Hanya 33 persen dari mereka yang disurvei memberi peringkat yang sama kepada Bolsonaro.

Teich telah dianggap sebagai calon menteri kesehatan pada tahun 2018 ketika Bolsonaro memenangkan pemilihan, meskipun Mandetta akhirnya mendapatkan pekerjaan itu. Teich saat ini bekerja sebagai konsultan medis, menurut profil LinkedIn-nya.

Teich telah memposting di media sosial membela banyak posisi yang sama yang Mandetta pegang, termasuk isolasi "horisontal" dari seluruh populasi, yang ditentang Bolsonaro.

Korban tewas di Brasil akibat COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona baru, berada di 1.736 pada hari Rabu, sementara kasus yang dikonfirmasi mencapai 28.320, menurut data dari kementerian.

 

 


R24/DEV

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...