Pandemi Covid-19 di Bengkalis, Saat Berkurban Banyak Panitia Tidak Menggunakan Masker

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 10:52 WIB
FOTO: Panitia hewan kurban FOTO: Panitia hewan kurban

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Pada hari raya idul Adha 1441 hijriah/2020 sejumlah rumah ibadah seperti masjid dan musholla serta perkantoran milik Pemkab Bengkalis melaksanakan pemotongan hewan kurban, Sabtu 1 Agustus 2020.

Walaupun sudah beberapa kali diingatkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bahwa saat pemotongan hewan kurban, panitia dianjurkan harus menggunakan masker untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Mandau Mengadu Soal Belum Ada Sekolah Tsanawiyah-Aliyah Negeri di Duri, ESA: Ini Akan Menjadi Prioritas Kami

Dari pantauan Riau24.com dibeberapa titik pemotongan hewan kurban, malah banyak panitia kurban tidak menggunakan masker. Seolah anjuran pemerintah Kabupaten Bengkalis tidak diindahkan oleh panitia kurban.

"Kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah kurban agar menyediakan hewan yang sesuai dengan persyaratan. Masyarakat dihimbau juga untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, menyediakan air bersih dan berkoordinasi dengan petugas keswan,"ungkap salah satu doktor hewan Distan Bengkalis kepada wartawan baru baru ini.

Sementara itu, mushola Al Hikmah Jalan Kelapapati Tengah Bengkalis potong sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Ketua kurban Sapran mengatakan bahwa penyembelihan dilakukan, Sabtu mengingat pada Jum'at kemarin waktunya sangat singkat.

Baca Juga: Diduga Kurangnya Perhatian Pihak Perusahaan, HPMR-B Kecam Penyebab Banjir di Desa Darul Aman Rupat

"Ya kita laksanakan pada hari ini karena kalau Jum'at waktunya terputus karena panitia melaksanakan sholat Jum'at,"ujar Sapran.

Selain itu Sapran juga mengajak warga ataupun jemaah surau Al Hikmah untuk tahun depan jumlah pesertanya lebih meningkat dan bagi warga yang ingin berkurban bisa daftar kepengurus surau sedangkan untuk pembayaran bisa di cicil agar tidak berat.

Selain Mushola Al Hikmah Kelapapati, masyarakat juga melihat penyembelihan hewan kurban di mesjid Jamik Jalan Kelapapati Laut, dengan jumlah 4 ekor sapi dan kambing.

 

PenulisR24/hari



Loading...
Loading...