Setelah Terbebas Sekian Lama, Negara di Asia Tenggara Ini Akhirnya Alami Kematian Pertama Karena Corona Covid-19

Minggu, 02 Agustus 2020 | 01:08 WIB
Kawasan wisata Da Nang di Vietnam. Foto: int Kawasan wisata Da Nang di Vietnam. Foto: int

RIAU24.COM -  Vietnam akhirnya mengalami kematian pertama karena Corona Covid-19. Fakta ini membuat sedih masyarakat dan pemerintah di negara itu. Pasalnya, selama ini Vietnam dikenal telah memberlakukan aturan ketat untuk mengantisipasi virus ini. Bahkan Vietnam tercatat sebagai negara yang sukses mengantisipai menjangkitnya virus tersebut tanpa menimbulkan korban jiwa.

Untuk diketahui, sejak awal Corona terjadi di Wuhan, Vietnam sama sekali tidak merasakan dampaknya, meski posisinya bertetangga langsung dengan China. Vietnam, yang berpenduduk sekitar 95 juta jiwa, hanya mencatat 509 kasus sejak terjadi pandemi.

Vietnam juga bertindak tegas dengan mengevakuasi puluhan ribu warganya, setelah wabah Corona muncul di kawasan wisata Da Nang, awal pekan ini.

Baca Juga: Meski Diserang Secara Brutal Oleh Israel, Palestina Berubah Jadi Negara Bertanah Subur Seperti Indonesia

Dilansir bbcindonesia, Sabtu 1 Agustus 2020, pasien pertama yang meninggal dunia itu adalah seorang pria berusia 70 tahun di Kota Hoi An, seperti dirlis media pemerintah setempat pada Jumat (31/7/2020).

Tidak seperti negara-negara lain, Vietnam sudah mulai menempuh langkah-langkah bahkan sebelum ditemukan kasus, Vietnam sudah menutup perbatasan sejak awal bagi hampir semua pengunjung, kecuali warga negara sendiri yang ingin pulang.

Baca Juga: Pria Ini Akhirnya Berhasil Dilumpuhkan Setelah Menusuk Dua Jurnalis Dengan Pisau Daging Dalam Serangan di Paris

Terkait kejadian ini, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc telah memerintahkan penduduk Da Nang untuk menerapkan pembatasan jarak sosial dan menutup seluruh aktivitas nonesensial. Selain itu, pemerintah daerah lain harus segera tanggap setelah muncul kasus di Da Nang.

"Kita harus bertindak lebih cepat dan lebih tegas untuk mengendalikan wabah," ujarnya.

Semula berita kematian pasien karena Cov id-19 itu sempat dihapus dari semua situs berita pemerintah dan baru kembali muncul setelah dikonfirmasi oleh Komite Nasional Pencegahan dan Pengandalian Covid-19.Diduga, informasi itu sempat disembunyikan karena rasa malu. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...