Dukcapil Bengkalis Terus Menampung Keluhan Masyarakat Soal Pengurusan KTP dan KK

Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:32 WIB
FOTO: Drs.  H. Ismail FOTO: Drs. H. Ismail

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkalis akan terus menampung aspirasi atau keluhan masyarakat terkait admistrasi kependudukan.

Keluhan keluhan masyarakat tersebut, seperti pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) termasuk penggantian KTP dan penggantian kartu keluarga (KK) karena adanya perubahan status atau pindah domisili.

"Keluhan yang banyak dari masyarakat terkait dengan penggantian KTP dan juga penggantian kartu keluarga, mereka juga kebetulan pindah domisili dan sudah buat KK baru, namun ktp-nya belum siap,"ungkap Kepala Dukcapil Drs. H. Ismail, Rabu 5 Agustus 2020 petang kemarin.

Baca Juga: Sosok Engah Eet-Samda Yang Bersahaja, Pergi dan Pulang Dari Kantor KPU Hanya Naik Bentor

Menurut Ismail, persoalan tersebut tidak termasuk dalam print ready record (PRR) dan tidak termasuk dalam percetakan baru-baru ini yang dilakukan Disdukcapil.

"Mereka sudah lama mengurus tapi belum selesai, jadi mereka menyampaikan keluhan, pengaduan untuk di bantu percetakannya,"ucapnya.

Selain itu ada juga keluhan atau hambatan pelayanan, aduan ini akan langsung direspon baik yang masuk melalui mereka, maka akan segera di kirim ke unit pelaksana teknis (UPT) untuk di cek apa masalahnya.

"Setiap masalah dan pengaduan akan di cek dulu apa permasalahannya seperti apa, misalnya KTP belum dicetak, mungkin kartu keluarganya ada perubahan atau datanya sudah lengkap atau belum,"ucap Ismail lagi.

Baca Juga: Sesuai Nomor Urut Partai Golkar No 4, Nomor Urut Pasangan ESA Dapat Nomor 4

Diutarakannya, terkait pencetakan e-KTP jika persyaratan sudah lengkap bisa dilakukan dalam satu hari, apalagi warga yang datang pagi jelang siang KTP nya sudah bisa diambil, termasuk blanko juga sudah tersedia.

"Alhamdulillah kalau untuk pencetakan bisa kita lakukan secara cepat, dan kita juga mendapatkan tambahan blanko sebanyak 2000 keping dari Provinsi dan kita juga mengusulkan 57 ribu keping ke pemerintah pusat,"ungkap dia lagi.

Kadisdukcapil juga berharap pelayanan E-KTP bisa diselesaikan lebih cepat, dan apabila peralatan mendukung tidak ada masalah.

 

PenulisR24/hari



Loading...
Loading...