Hal yang Mendorong Harga Emas Terus Naik, dan Ini Prediksi Harga Emas di Masa Depan

Kamis, 06 Agustus 2020 | 13:37 WIB
Hal yang Mendorong Harga Emas Terus Naik, dan Ini Prediksi Harga Emas di Masa Depan Hal yang Mendorong Harga Emas Terus Naik, dan Ini Prediksi Harga Emas di Masa Depan

RIAU24.COM -  Tunggu, mundur sebentar. Apa yang Anda maksud dengan spot emas ?
Spot emas mengacu pada harga satu ons emas saat ini.

Dan mengapa para investor sangat khawatir tentang emas di masa depan?
Investor emas sangat khawatir tentang masa depan. Itu membantu menjelaskan mengapa emas - seperti logam mulia lainnya - juga diperdagangkan di pasar berjangka.

Baca Juga: Heads of Agreement Transisi WK Rokan Ditandatangani

Apa itu pasar berjangka?
Pasar berjangka adalah pertukaran di mana pembeli setuju untuk memiliki emas dari penjual di masa mendatang, tetapi dengan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak sebelumnya. Emas juga diperdagangkan melalui dana yang menawarkan eksposur investor ke emas batangan, emas berjangka dan perusahaan yang menambang emas, tanpa memiliki kepemilikan langsung atas logam tersebut.

Jadi, apa yang mendorong kenaikan harga emas ini? Apakah pandemi?
Ini terjadi terutama gangguan ekonomi besar-besaran yang dipicu oleh pandemi yang mendorong emas lebih tinggi, serta tanggapan terhadapnya dari pemerintah dan bank sentral - terutama Federal Reserve Amerika Serikat - belum lagi kegelapan di sekitarnya jalur virus dan ketegangan geopolitik yang memuncak.

Baca Juga: Qatar Airways Mendapat Bantuan USD 2 Miliar Pasca Mengalami Kerugian Besar

Ekonomi global sedang dalam dalam ketidak pastian. Tapi bagaimana Fed mendorong emas lebih tinggi?

The Fed dan bank sentral lainnya tidak sengaja melakukannya. Ini lebih merupakan konsekuensi dari fakta bahwa bank sentral cukup banyak melakukan apa pun untuk menjaga perekonomian mereka dari ketegangangan.

The Fed pada bagiannya telah menjaga kredit mengalir ke rumah tangga dan bisnis AS dengan menjaga biaya pinjaman tetap rendah - yang dicapai dengan memangkas suku bunga acuan menjadi nol dan membeli obligasi senilai ratusan miliar dolar. The Fed juga telah memastikan bahwa ada banyak dolar yang tersedia secara global untuk bisnis yang menginginkannya - karena dolar AS adalah mata uang cadangan dunia.

Langkah Fed ini telah melemahkan dolar dan menurunkan tingkat pengembalian investor atas obligasi. Itu membuat emas terlihat seperti investasi yang jauh lebih menarik jika dibandingkan.

Bagaimana dengan tanggapan pemerintah AS: Bagaimana faktor itu?
Kongres telah memberikan triliunan dolar bantuan bantuan virus untuk membantu AS mengatasi pandemi. Dan Demokrat dan Republik di Kongres saat ini sedang merundingkan putaran bantuan lain yang bisa membuat mereka menghabiskan triliunan dolar lebih banyak.

Untuk menempatkan semua pengeluaran ini ke dalam perspektif - defisit anggaran federal AS mencapai $ 2,7 triliun dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal 2020. Itu $ 2 triliun lebih banyak daripada defisit yang tercatat selama periode yang sama tahun lalu.

Defisit yang memecahkan rekor itu, dikombinasikan dengan suku bunga yang sangat rendah, telah menekan nilai dolar AS ke titik di mana beberapa orang mempertanyakan apakah peran greenback yang perkasa sebagai mata uang cadangan global berkelanjutan dalam jangka panjang. Itu membuat emas menjadi investasi yang lebih menarik dibandingkan dolar karena logam mulia dipandang sebagai lindung nilai terhadap depresiasi mata uang.

Jadi, ketika investor tidak tertarik pada mata uang, harga emas melonjak?
Bukan hanya depresiasi mata uang - emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap segala macam potensi risiko penurunan. Ambil contoh pasar saham. Indeks utama AS telah turun sejak turun pada bulan Maret. Tetapi jika ada kebangkitan virus yang memicu lebih banyak penguncian yang menendang keluar dari ekonomi lagi, maka sangat mungkin saham bisa tiba-tiba berbalik dan turun lagi. Emas dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap potensi kerugian tersebut.

Bisakah harga emas naik lebih tinggi ?
Tidak ada yang pasti. Apalagi saat berinvestasi. Tetapi analis di Goldman Sachs berpikir emas bisa mencapai $ 2.300 per ons. Dan kembali pada bulan April, Bank of America menaikkan target harga 18 bulan untuk emas menjadi $ 3.000 per ounce. Tapi sekali lagi, tidak ada yang pasti. Tidak peduli apa yang dikatakan serangga emas.

Apa itu kutu emas?
Seseorang yang menganggap emas adalah investasi yang luar biasa dan biasanya tidak akan tutup mulut.

 

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...