Apa Itu Amonium Nitrat Dan Kaitannya Dengan Ledakan yang Menghancurkan Beirut Di Lebanon

Kamis, 06 Agustus 2020 | 15:20 WIB
Apa Itu Amonium Nitrat Dan Kaitannya Dengan Ledakan yang Menghancurkan Beirut Di Lebanon Apa Itu Amonium Nitrat Dan Kaitannya Dengan Ledakan yang Menghancurkan Beirut Di Lebanon

RIAU24.COM -  Setelah rekaman ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon mulai beredar di seluruh internet, banyak yang mempertanyakan apa yang menyebabkan ledakan yang merenggut 135 nyawa dan 5.000 korban hanya dalam waktu dua hari setelah kejadian itu. Menurut CNN, pemerintah Lebanon baru-baru ini mengajukan klaim bahwa bencana tersebut disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan dengan buruk di gudang pelabuhan Beirut, lokasi yang sangat dekat dengan distrik perbelanjaan dan kehidupan malam kota, tanpa tindakan pengamanan yang tepat. taruh di tempatnya.

Tapi apa sebenarnya bahan kimia ini dan mungkinkah itu menyebabkan hasil yang begitu merusak?

Baca Juga: Pasangan Ini Membuka Kelas di Trotoar Untuk Anak-anak Miskin, Karena Tidak Bisa Mendapat Akses Pendidikan Selama Lockdown

Amonium nitrat adalah bahan kimia industri yang biasanya digunakan dalam pupuk dan bahan peledak untuk pertambangan. Sangat berbahaya jika terkontaminasi, dicampur dengan bahan bakar, atau disimpan secara tidak aman, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Pada suhu tinggi, amonium nitrat dapat membusuk dengan sendirinya. Ini akan menghasilkan proses yang menghasilkan gas termasuk nitrogen oksida dan uap air. Dan ketika gas-gas ini dilepaskan dengan cepat, itu menyebabkan ledakan.

Faktanya, ledakan yang disebabkan oleh bahan kimia ini sebanding dengan ledakan bom nuklir, "Dalam skala tertentu, ledakan ini diperkecil dari bom nuklir daripada dari bom konvensional," kata Roland Alford, direktur pelaksana Alford Technologies, seorang Perusahaan Inggris yang mengkhususkan diri dalam pembuangan persenjataan peledak. “Ini mungkin di antara ledakan non-nuklir terbesar sepanjang masa.”

Sayangnya, ini bukan pertama kalinya amonium nitrat dikaitkan dengan ledakan industri yang mematikan. Pada tahun 1947, ledakan di Texas City menyebabkan ledakan yang menewaskan 400 orang dan merusak lebih dari 1.000 bangunan, lapor CNN.

Kejadian lain di mana lebih dari 100 orang ditemukan tewas di kota pelabuhan Tianjin terjadi pada tahun 2015 ketika sebuah gudang yang berisi beberapa ratus ton bahan kimia berbahaya, termasuk amonium nitrat, menyebabkan serangkaian ledakan skala besar.

Baca Juga: Selalu Dirantai, Gajah Ini Akhirnya Merayakan Satu Tahun Kebebasan Setelah 40 Tahun Dipaksa Untuk Mengemis

Meskipun kita tidak tahu pasti bahwa bahan kimia tersebut adalah satu-satunya penyebab ledakan di Beirut, memiliki timbunan amonium nitrat dalam jumlah besar yang salah disimpan pasti akan berkontribusi pada keadaan tragis yang disaksikan dunia beberapa hari yang lalu.

Sangat penting bagi otoritas yang mengatur di seluruh dunia untuk memperhatikan krisis ini dan memastikan bahwa penyimpanan barang berbahaya semacam itu diatur dengan ketat.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...