Wagubri Gandeng Seknas BUMP Indonesia, Tingkatkan Produktivitas Tanaman Pangan

Senin, 07 September 2020 | 19:56 WIB
Wagubri bertemu dengan Seknas BUMP Indonesia Wagubri bertemu dengan Seknas BUMP Indonesia

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edi Natar Nasution melakukan pertemuan dengan Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Indonesia, Senin (7/9/2020). Dalam pertemuan itu hadir Ketua Seknas BUMP Indonesia Dr Ir Sugeng Edi Waluyo,MM didampingi drg. Eddy Purjanto, dan Koorwil BUMP Riau Alexander Pranoto.

Wagubri Edy Natar Nasution mengatakan, perlu kiranya kerja keras semua stakeholder di bidang pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas komoditas tanaman pangan.

Baca Juga: Pulau Sumatera Ada 41 Titik Panas, Hotspot Riau Terus Bermunculan

"Kenapa saya begitu fokus (di bidang pertanian)? Karena semaju apapun teknologi, seberapa pesatnya pembangunan infrastruktur, tapi yang kita makan adalah hasil kerja keras insan-insan pertanian," jelas dia.

Dalam upaya dan program tersebut, sebut Edi mesti dilanjutkan. Tujuannya agar produksi tanaman pangan di Riau terus meningkat. Dia juga mengimbau kepada insan pertanian untuk menjaga lahannya agar tidak dialihfungsikan.

"Kita juga berharap BUMP bisa bersama menciptakan sumber daya pertanian di Riau. Kita meminta kepada petani dan pejabat di bidang pertanian untuk gencar melakukan gerakan percepatannya. Hal itu dilakukan agar swasembada pangan berkelanjutan dapat terealisasi di Riau,"paparnya.

Dikatakan, Pemprov Riau sekarang tengah berusaha membuat central pangan. Baik itu tanaman padi, buahan, dan tanaman hortikultura lainnya.

"Kita juga mengajak masyarakat memanfaatkan lahan rumah saja dimulai menanam. Peduli terhadap kondisi pertanian. Karena bersama kita harus menjaga ketahanan pangan,"ujarnya.

Baca Juga: Finalis Bujang Dara Riau 2021 Nikmati Level Baru Makan si Raja Buah di Durian Runtuh

Sementara itu Seknas BUMP Indonesia, Dr Ir Sugeng Edi Waluyo MM menyebutkan, ilmu pertanian itu harus ada hati.

Kesepakatan bersama, sebut dia, Riau segera berdiri Pusdiklat BUMP. Di lokasi Pusdiklat BUMP ini segera menjadi lumbung pangan. "Kita berada dilokasi strategis. Letaknya dekat dengan Malaysia, Johor, dan Singapura. Ini bentuk strategis yang harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan petani hebat di Riau,"jelas dia.

Disebutkan Edi, BUMP siap menjadi mitra petani."Jadi, pak Wagubri, kami dari BUMP murni merajut kemitraan dengan petani di Riau. Jadi, tidak semua petani dibentuk BUMP,tergantung mainshet petaninya,"ujarnya.

Koorwil BUMP Riau, Alexander Pranoto mengatakan, pihaknya sudah melakukan percepatan terencana, terukur, dan tepat guna pembangunan sektor pertanian tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan di Provinsi Riau. 

Selain itu, sebutnya, program penyediaan lahan pangan khususnya padi juga sedang dirancang, dan dipersiapkan. 

"Ini semua sedang digarap secara profesional oleh para petani bersinergi dengan Akademisi, Bussiness, Goverment, Media/wartawan, dan Petani (ABGMP)," ujar Alex.***

PenulisR24/saut


Loading...
Loading...