Studi Mengungkapkan Jika Virus Ternyata Memainkan Peran Kunci Dalam Kemampuan Kita Untuk Bereproduksi Dan Bertahan Hidup

Senin, 14 September 2020 | 09:32 WIB
Studi Mengungkapkan Jika Virus Ternyata Memainkan Peran Kunci Dalam Kemampuan Kita Untuk Bereproduksi Dan Bertahan Hidup Studi Mengungkapkan Jika Virus Ternyata Memainkan Peran Kunci Dalam Kemampuan Kita Untuk Bereproduksi Dan Bertahan Hidup

RIAU24.COM -  Ya, pandemi COVID-19 telah membuat semua orang takut dengan istilah 'virus'. Karena orang-orang memastikan kebersihan tidak seperti sebelumnya untuk menghindari tertular virus yang bertanggung jawab, tapi tahukah Anda, tidak semua virus berbahaya bagi manusia.

Faktanya, sebuah studi baru menunjukkan bahwa beberapa virus memainkan peran evolusi kunci dalam kemampuan mamalia untuk bereproduksi dan bertahan hidup.

Baca Juga: Kabar Gembira, Rusia Tawarkan Vaksin COVID Gratis Kepada Seluruh Staf Perserikatan Bangsa-Bangsa Di Seluruh Dunia

Studi baru oleh para ilmuwan di Institut Perinatal Anak Cincinnati (CCPI) dan di Universitas Azabu di Jepang sekarang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Structural & Molecular Biology. Tim ilmuwan memperoleh data untuk penelitian dengan mempelajari tikus laboratorium dan sel germline manusia.

Para ilmuwan mengajukan dua makalah terpisah dalam edisi jurnal yang sama, mengungkapkan dua proses yang berbeda namun mendasar yang mendasari transkriptom germline, yaitu semua molekul RNA pembawa pesan diturunkan sebagai materi genetik yang diwariskan kepada keturunannya. Transkriptom germline dengan demikian juga menentukan karakter unik sperma dan telur untuk generasi kehidupan selanjutnya.

Studi menunjukkan bahwa retrovirus endogen menyempurnakan transkriptom spesifik spesies di germline mamalia, termasuk mamalia seperti manusia, tikus, dan lainnya.

Studi ini menggabungkan pengujian biologis model tikus dan sel germline manusia dengan biologi komputasi. Ini termasuk pemrofilan genom elemen pengatur gen dalam sel germline.

Tes mengungkapkan bahwa ledakan ekspresi gen germline didorong oleh reorganisasi seluruh genom dari super-enhancer. Ini terjadi ketika sel germinal memasuki meiosis, suatu bentuk pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak, masing-masing dengan setengah jumlah kromosom sel induk.

Baca Juga: Penelitian di Houston Menunjukkan Inilah Struktur Virus Korona yang Paling Menular dan Mendominasi

Studi ini lebih lanjut menunjukkan proses molekuler yang bertanggung jawab untuk peralihan penambah super di dalam sel germinal. Ditemukan bahwa super-enhancer ini diatur oleh dua molekul, faktor transkripsi A-MYB dan SCML2, protein peredam dalam pembentukan sperma. Molekul-molekul ini bertindak sebagai sakelar kendali ledakan gen untuk peningkat super.

“Apa yang kami pelajari dari penelitian kami adalah, secara umum, virus memiliki peran utama dalam mendorong evolusi. Dalam jangka panjang, virus berdampak positif pada evolusi genom dan bentuk kita,” jelas Satoshi Namekawa dari CCPI.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...