Uni, Konduktor Orkestra Hongaria Ini Menciptakan Masker Wajah Peningkat Musik

Senin, 14 September 2020 | 11:16 WIB
Konduktor Orkestra Hongaria Menciptakan Masker Wajah Peningkat Musik Konduktor Orkestra Hongaria Menciptakan Masker Wajah Peningkat Musik

RIAU24.COM -  Ketika dia melihat lautan masker wajah di sekitar Budapest, konduktor orkestra Hongaria Ivan Fischer punya ide; mengubah kebutuhan pandemi yang tidak populer menjadi alat apresiasi musik.

Masker wajah Fischer yang meningkatkan musik memiliki dua cangkir plastik berbentuk telapak tangan seukuran manusia yang terpasang pada tali topeng dan dirancang agar pas di sekitar telinga pemakainya, memungkinkan penonton konser di era virus corona untuk menikmati akustik yang lebih baik.

"Saya mendapat gagasan bahwa itu harus terlihat seperti tangan karena ketika kita meletakkan tangan kita di sini ..." katanya sambil menangkupkan telapak tangan di sekitar telinganya, "... kita selalu memahami orang lain dengan lebih mudah, kita mendengar konsonan , dan musiknya terdengar jauh lebih indah."

Baca Juga: Meski Diserang Secara Brutal Oleh Israel, Palestina Berubah Jadi Negara Bertanah Subur Seperti Indonesia

Berbicara saat orkestra berlatih untuk malam Beethoven dan Strauss, Fischer - kepala Orkestra Festival Budapest - mengatakan topengnya membantu meniru akustik gereja, dengan nada yang lebih hangat dan kontur yang lebih jelas dan lebih tajam.

Penemuan Fischer terbukti populer di kalangan penonton konser, dengan lusinan orang mengenakan topeng saat mereka duduk di kursi mereka pada pertunjukan hari Jumat.

Topeng akustik, yang harganya 8.000 forint (USD 27) jika dipesan melalui situs orkestra, tersedia dalam versi berkilauan dan hitam putih.

Anggota hadirin Zsuzsa Hunyadi-Zoltan mengatakan suaranya "jelas lebih baik" dengan topeng khusus terpasang.

"Ini lebih memfokuskan musik. Saya mencobanya, saya melepasnya dan memasangnya kembali dan orang dapat dengan jelas merasakan perbedaannya," katanya.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...