Terkuak, Ternyata Organisasi Ini Telah Memprediksi Peredaran Virus Corona Sejak Tahun Lalu

Selasa, 15 September 2020 | 14:04 WIB
Terkuak, Ternyata Organisasi Ini Telah Memprediksi Peredaran Virus Corona Sejak Tahun Lalu Terkuak, Ternyata Organisasi Ini Telah Memprediksi Peredaran Virus Corona Sejak Tahun Lalu

RIAU24.COM -  Ketika jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi di seluruh dunia tumbuh 307.000 pada hari Minggu - peningkatan satu hari tertinggi sejak pandemi dimulai, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan, menurut USA Today - sebuah laporan baru yang dirilis pada hari Senin menunjukkan bahwa itu tidak harus terjadi. 

"Berinvestasi dalam kesiapsiagaan akan menghabiskan biaya, hanya sebagian kecil dari apa yang dibelanjakan sekarang di seluruh dunia dalam langkah-langkah yang sebagian besar efektif terhadap pandemi virus corona" kata laporan itu, "A World in Disorder."

“Butuh waktu 500 tahun untuk kesiapsiagaan dalam menghilangkan COVID-19,” kata Dewan Pemantau Kesiapsiagaan Global (GPMB), yang diselenggarakan bersama oleh WHO dan Bank Dunia, dalam Laporan Tahunan 2020-nya, dirilis Senin.

Baca Juga: Pria Asal Surat Ini Menampung 42 Keluarga Yang Tidak Bisa Membayar Sewa Karena Krisis Keuangan

Dalam laporan pedas yang mengecam kurangnya kerja sama dan kesiapan negara-negara, dewan tersebut mengecam para pemimpin dunia dan warga negara. Di era keunggulan teknologi dan pengetahuan medis yang belum pernah terjadi sebelumnya, dunia seharusnya mampu mempersiapkan dan menghindari krisis, kata laporan itu - dan tampaknya tidak bisa diganggu.

“Sudah waktunya bagi negara-negara untuk mengotori tangan mereka dan membangun sistem kesehatan masyarakat untuk memastikan pandemi sebesar dan parahnya tidak pernah terjadi lagi, ”kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga

“Ini bukan pandemi terakhir, atau darurat kesehatan global terakhir. Tetapi dengan investasi politik dan keuangan yang tepat sekarang, kami dapat mencegah dan mengurangi pandemi di masa depan serta melindungi masa depan kami dan masa depan generasi mendatang. "

Kepemimpinan yang bertanggung jawab, keterlibatan kewarganegaraan, dan langkah-langkah lain yang didasarkan pada persatuan dan rasa kepedulian kolektif adalah apa yang diperlukan untuk mengalahkan pandemi virus corona, kata GPMB.

Temuan laporan ini menjadi semakin menyakitkan dengan fakta bahwa GPMB memprediksikan hal ini setahun yang lalu, dalam Laporan Tahunan 2019-nya, "A World in Disorder" memperingatkan tentang “ancaman yang sangat nyata dari pandemi yang menyebar dengan cepat karena pernafasan yang mematikan. patogen, dan kebutuhan akan kepemimpinan politik yang ditentukan di tingkat nasional dan global, ”kata GPMB dalam ringkasan eksekutif tahun ini.

"Tragis, kami telah melihat ketakutan terburuk kami terwujud," kata ketua bersama GPMB, mantan direktur jenderal WHO Gro Harlem Brundtland, mengatakan pada jumpa pers pada hari Senin, menurut Reuters. “Dampak COVID-19 bahkan lebih buruk dari yang kami perkirakan.”

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...