Terpilih Sebagai Perdana Menteri Jepang yang Baru, Suga Akan Merombak Seluruh Jajaran Menterinya

Selasa, 15 September 2020 | 14:11 WIB
Terpilih Sebagai Perdana Menteri Jepang yang Baru, Suga Akan Merombak Seluruh Jajaran Menterinya Terpilih Sebagai Perdana Menteri Jepang yang Baru, Suga Akan Merombak Seluruh Jajaran Menterinya

RIAU24.COM -  Yoshihide Suga, yang akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya, sedang mempertimbangkan untuk menunjuk menteri kesehatan Katsunobu Kato sebagai Kepala Sekretaris Kabinet sambil mempertahankan orang lain di posisi kunci kabinet, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan Selasa.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi dan Menteri Keuangan Taro Aso termasuk di antara mereka yang akan mempertahankan pekerjaan mereka ketika Suga membentuk kabinet pada hari Rabu untuk melaksanakan kebijakannya yang berfokus pada memerangi pandemi virus korona sambil menopang ekonomi, kata sumber tersebut.

Tetapi Menteri Pertahanan Taro Kono kehilangan pekerjaannya, digantikan oleh Nobuo Kishi, adik dari Perdana Menteri Shinzo Abe.

Baca Juga: Pria Asal Surat Ini Menampung 42 Keluarga Yang Tidak Bisa Membayar Sewa Karena Krisis Keuangan

Suga, yang dipilih untuk menggantikan Perdana Menteri Shinzo Abe sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal yang berkuasa pada hari Senin, akan dinobatkan sebagai perdana menteri dalam sesi yang luar biasa pada hari Rabu. Dia mengalahkan dua rival dengan suara mayoritas, didukung oleh lima faksi intrapartai termasuk satu yang dipimpin oleh Aso.

Menteri Pertanahan Kazuyoshi Akaba, yang merupakan mitra koalisi junior LDP Komeito, dan menteri Olimpiade dan Paralimpiade Seiko Hashimoto juga akan tetap berada di kabinet baru, kata sumber tersebut.

Norihisa Tamura, yang menjabat sebagai menteri kesehatan antara tahun 2012 dan 2014, akan kembali menjabat, sementara mantan Menteri Kehakiman Yoko Kamikawa juga sedang dipertimbangkan untuk posisi menteri, kata sumber tersebut. Anggota parlemen Katsuei Hirasawa dan Tetsushi Sakamoto diharapkan menerima jabatan kabinet pertama mereka.

Suga, yang telah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet di bawah Abe selama tujuh tahun delapan bulan, mengatakan pada hari Senin bahwa dia berencana untuk menunjuk seseorang yang "berpengetahuan luas" sebagai penggantinya untuk sebuah jabatan yang berfungsi sebagai koordinator kebijakan dan pejabat tinggi pemerintah. juru bicara.

Dalam konferensi pers, dia mengatakan akan memilih menteri kabinet yang sejalan dengan hasratnya untuk reformasi administrasi terlepas dari afiliasi faksi.

Sebagai menteri kesehatan, tenaga kerja dan kesejahteraan, Kato telah membantu membentuk tanggapan pemerintah terhadap pandemi virus corona. Dia juga menjabat sebagai wakil ketua sekretaris kabinet di bawah Suga antara tahun 2012 dan 2015.

Baca Juga: Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga

Suga, sementara itu, merombak kepemimpinan LDP pada hari Selasa, mempertahankan Sekretaris Jenderal Toshihiro Nikai sambil menunjuk mantan menteri pendidikan Hakubun Shimomura sebagai kepala kebijakan.

Tsutomu Sato, mantan menteri urusan dalam negeri dan komunikasi, ditunjuk sebagai ketua Dewan Umum sementara Hiroshi Moriyama akan tetap menjadi ketua Komite Urusan Diet.

Selasa malam, Suga dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Komeito Natsuo Yamaguchi untuk menegaskan kelanjutan koalisi pemerintahan. Nikai, yang menjabat di posisi No. 2 partai sejak 2016, dikenal sebagai perantara kekuasaan dan memainkan peran kunci dalam kemenangan Suga atas kepala kebijakan LDP saat ini Fumio Kishida dan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba.

Pemilihan presiden LDP, dipicu oleh pengumuman tiba-tiba Abe pada akhir Agustus bahwa ia akan mengundurkan diri karena alasan kesehatan, dikritik karena tidak memiliki calon perempuan meskipun pemerintah seharusnya mendorong untuk menciptakan "masyarakat di mana perempuan dapat bersinar."

Suga menunjuk Seiko Noda dan Tamayo Marukawa, dua anggota parlemen perempuan, masing-masing sebagai penjabat sekretaris jenderal eksekutif dan kepala Kantor Pusat Hubungan Masyarakatnya. Taimei Yamaguchi, kepala Organisasi Partai dan Markas Besar Kampanye, dipilih untuk memimpin Komite Strategi Pemilihan. Pekerjaan lamanya akan diambil alih oleh mantan Menteri Pertahanan Itsunori Onodera.

Posisi dalam perombakan kepemimpinan LDP tersebar di antara lima fraksi yang mendukung Suga dalam pemilihan presiden, kecuali Noda, yang tidak terafiliasi.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...