Penumpukan Perjalanan Udara Eropa Kembali Terjadi Saat Virus Corona Kembali Mewabah

Selasa, 15 September 2020 | 15:16 WIB
Penumpukan Perjalanan Udara Eropa Kembali Terjadi Saat Virus Corona Kembali Mewabah Penumpukan Perjalanan Udara Eropa Kembali Terjadi Saat Virus Corona Kembali Mewabah

RIAU24.COM -  Jumlah total penerbangan penumpang di Eropa akan anjlok lebih dari yang diharapkan tahun ini karena negara-negara gagal mengkoordinasikan kebijakan perjalanan udara selama pandemi, kata Eurocontrol pada hari Senin.

Pengawas lalu lintas udara Eropa mengatakan total perjalanan pada 2020 akan mencapai enam juta, turun 55 persen dari tahun sebelumnya dan satu juta lebih sedikit dari perkiraan pada April ketika perjalanan udara terhenti.

"Kami mundur sekarang dan ini benar-benar mengkhawatirkan seluruh industri," kata Eamonn Brennan, kepala Eurocontrol dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Pria Asal Surat Ini Menampung 42 Keluarga Yang Tidak Bisa Membayar Sewa Karena Krisis Keuangan

"Ada kurangnya koordinasi antar negara tentang bagaimana mengelola perjalanan udara meskipun ada pedoman yang baik dari Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa," katanya.

Brennan menunjuk "banyak kebingungan dan sangat sedikit kepercayaan penumpang; dan tentu saja wabah COVID-19 menjangkit di seluruh Eropa."

Eurocontrol, yang memiliki 41 negara anggota termasuk semua negara anggota UE, mendesak kriteria kesehatan untuk menentukan keselamatan perjalanan agar lebih harmonis antar negara.

Badan tersebut mengatakan menyambut baik proposal Komisi Eropa baru-baru ini untuk menyesuaikan aturan ini dan mendesak larangan menyeluruh dan perintah karantina.

"Pendekatan ini membunuh industri perjalanan dan pariwisata," kata Brennan.

Data suram tersebut mendorong Komisi Eropa untuk memperpanjang undang-undang untuk menghentikan "penerbangan hantu" yang memaksa maskapai penerbangan untuk mempertahankan slot bandara di UE.

Baca Juga: Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga

"Slot" adalah izin lepas landas atau pendaratan yang sangat berharga yang dialokasikan bandara untuk maskapai penerbangan. Saat ini, jika maskapai penerbangan tidak mengoperasikan penerbangan dalam slot yang dialokasikan, maskapai tersebut dapat kehilangannya ke pesaing.

Brussels pada hari Senin mengatakan penangguhan aturan akan diperpanjang hingga 27 Maret 2021. "Laporan hari ini menunjukkan bahwa tingkat lalu lintas udara tetap rendah, dan yang lebih penting, mereka tidak mungkin pulih dalam waktu dekat," kata komisaris transportasi UE Adina V─âlean dalam mengumumkan perpanjangan waktu.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...