Para Astronom Mendeteksi Tanda-tanda Potensi Kehidupan di Venus

Selasa, 15 September 2020 | 15:26 WIB
Para Astronom Mendeteksi Tanda-tanda Potensi Kehidupan di Venus Para Astronom Mendeteksi Tanda-tanda Potensi Kehidupan di Venus

RIAU24.COM -  Kita selalu bertanya-tanya (dan terkadang berharap) jika ada kehidupan di luar planet kita, mungkin suatu bentuk makhluk yang lebih cerdas.

Dan tampaknya tanda-tanda tertentu menunjukkan bahwa ada orang lain di luar sana.

Menurut Independent, tanda tangan biologis dalam bentuk fosfin telah terdeteksi di Venus, menunjukkan bahwa mungkin ada kehidupan di sana.

Baca Juga: Samsung Akhirnya Resmi Meluncurkan Galaxy Z Fold 2

Gas langka dan beracun bukanlah tanda langsung kehidupan, tetapi jumlah gas itu tidak dapat dijelaskan melalui proses yang diketahui, membuat para peneliti percaya bahwa itu bisa menjadi indikasi kehidupan asing di tata surya kita.

Fosfin adalah salah satu gas yang paling berbau busuk yang diketahui manusia, dengan bau ikan busuk, sering ditemukan pada kotoran penguin dan lendir kolam. Mengingat lebih sering dibuat melalui proses industri, maka dapat juga dibuat oleh organisme anaerob seperti bakteri dan mikroba.

Oleh karena itu, mengapa ini dapat dianggap sebagai tanda biologis atau indikasi kehidupan. Venus dikenal panas dan asam, itulah sebabnya kondisi di tanah membuat segala jenis kehidupan hampir tidak mungkin, tetapi lingkungan di lapisan awan atasnya dilaporkan layak huni.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Sharp Kembangkan Perangkat Pemurni Udara yang Dapat Membunuh Virus Corona

Di sanalah fosfin dikatakan telah ditemukan. Awan Venus sangat asam sehingga dapat menghancurkan fosfin dengan cepat, yang berarti harus ada sesuatu yang aktif membentuknya, karena jumlah gas yang ditemukan tidak dapat dijelaskan dengan cara lain.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...