Badai Sally Kategori 2 Bergerak Menuju Pantai Teluk AS

Selasa, 15 September 2020 | 16:26 WIB
Badai Sally Kategori 2 Bergerak Menuju Pantai Teluk AS Badai Sally Kategori 2 Bergerak Menuju Pantai Teluk AS

RIAU24.COM -  Badai Sally merayap menuju Pantai Teluk utara Amerika Serikat, membawa hujan lebat dan air yang melonjak menjelang pendaratan yang diperkirakan sebagai badai Kategori 2, dengan kemungkinan penguatan lebih lanjut mungkin.

Peramal cuaca telah memperingatkan potensi gelombang badai yang mematikan, banjir bandang yang dipicu oleh hujan hingga dua kaki (609mm) dan kemungkinan tornado pada Selasa malam.

Badai kuat kedua dalam waktu kurang dari sebulan mengancam wilayah itu, angin Sally meningkat menjadi 155 kilometer per jam (100 mph) di timur muara Sungai Mississippi, kata Pusat Badai Nasional (NHC) pada Senin malam.

zxcv1

Itu bisa menghantam pantai Mississippi dan Alabama pada hari Selasa dengan angin dahsyat hingga 178 kilometer per jam (110 mph), di puncak menjadi badai Kategori 3 pada skala intensitas lima langkah Saffir-Simpson, kata NHC.

Badai dianggap berpotensi menimbulkan kerusakan yang menghancurkan jika terjadi angin kencang yang melewati 179 kph (111 mph).

Presiden Donald Trump mengeluarkan deklarasi darurat untuk beberapa bagian Louisiana, Mississippi dan Alabama pada hari Senin, dan di Twitter mendesak penduduk untuk mendengarkan para pemimpin negara bagian dan lokal.

Mobile, Walikota Alabama Sandy Stimpson memperingatkan warga bahwa dia memperkirakan "banjir besar" dan mengatakan kota itu menghalangi persimpangan yang kemungkinan akan mengalami pasang naik.

Pelabuhan, sekolah, dan bisnis ditutup di sepanjang pantai. Penjaga Pantai AS membatasi perjalanan di hilir Sungai Mississippi di New Orleans ke Teluk, dan menutup pelabuhan Pascagoula dan Gulfport, Mississippi, dan Mobile, Alabama.

Baca Juga: Meski Hidup Serba Kelaparan, Tiga Bocah Di Kuantan Ini Rela Mengasuh 13 Anjing Liar dan Berbagai Hewan Terlantar Lainnya

Perusahaan energi menutup atau menghentikan kilang minyak dan menarik pekerja dari anjungan produksi minyak dan gas lepas pantai.

Badai diperkirakan akan menurunkan curah hujan antara delapan dan 16 inci (200 hingga 400 mm) di pantai dengan curah hujan 24 inci (610 mm) yang terisolasi - dan menyebabkan banjir sungai yang meluas.

Mississippi tampaknya lebih mungkin untuk mendarat, tetapi ancaman terbesar Sally adalah bahwa itu akan menjadi "pembuat hujan" di petak luas Pantai Teluk, dengan tiga hingga empat inci (76 hingga 100mm) di daerah-daerah sejauh pedalaman seperti Atlanta, kata Jim Foerster , kepala ahli meteorologi di DTN, penyedia data energi, pertanian, dan cuaca.

Sally adalah badai ke-18 di Atlantik tahun ini dan akan menjadi badai tropis kedelapan atau kekuatan badai yang melanda AS - sesuatu yang "sangat langka jika bukan rekor", kata Dan Kottlowski, ahli meteorologi senior di AccuWeather, mencatat data akurat itu tentang badai tropis historis bisa sulit dipahami.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...